Jelang Ramadhan Sejumlah Toko Bahan Kue Gandakan Stok

Toko Bahan Kue di Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Sejumlah pedagang Toko bahan kue di Balikpapan mempersiapkan berbagai keperluan pembuatan kue untuk masyarakat Balikpapan, jelang Ramadhan tahun ini. Toko Cherry misalnya spesialis bahan dan peralatan kue mengaku sudah menggandakan pasokan sambut Ramadhan dan Lebaran.
Pemilik Toko Cherry, Herlien mengatakan pasokan yang digandakan diantaranya bahan kue kering dan cake, karena jumlah itu diperkirakan akan naik 30 persen dari realisasi penjualan tahun sebelumnya. 
“Khususnya bahan kue kering dan cake pasokannya ditambah 100 persen dari hari biasa. Kalau lainnya normal,” serunya, Selasa (26/5/2015).
Aneka bahan kue dipersiapkan secara bertahap sejak 3 bulan lalu sedangkan peralatannya sudah dipasok 5 bulan sebelumnya. “Harus pesan jauh hari karena pengrajinnya kan padat jadwal, banyak pesanannya,” ungkapnya disela sela aktivitasnya.
Untuk permintaan dimulai sepekan menjelang Ramadhan. Lonjakan semakin terlihat hingga hari raya. “Kalau awal-awal pembeli rata-rata pengrajin kue. Mereka beli sejak awal untuk persiapan jualan, ada juga pedagang kue Ramadan,” terangnya.
Laju permintaan bahan kue diyakini dapat menyulut kenaikan harga. “Sekarang aja harga gula pasir sudah naik. Tapi memang setiap tahun harga naik untuk bahan utama seperti terigu, margarin, sekarang memang belum tapi 1 Juni nanti sudah pasti naik,” pungkasnya.
Menurutnya, fluktuasi harga bahan bakar minyak (BBM) jadi pemicu utama. Kemudian pola konsumsi yang meledak. Meski harga naik, Ia optimis permintaan tetap membengkak.
Hal yang sama juga dikatakan Justin Pemilik Toko bahan kue Sinar 88 kawasan Pandansari. “Bisa ramai seperti tahun lalu sudah bagus,” sebutnya. Maklum, harga sejumlah jenis bahan kue mengalami kenaikan jelang Ramadan. Di lain pihak, gangguan ekonomi global membuat kemampuan belanja warga mengalami penurunan.
——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...