Kearifan Lokal Berbalut Hangatnya Ombak Pantai Masceti

Pantai Masceti Gianyar Bali
CENDANANEWS (Gianyar) – Di Gianyar Bali, terdapat sebuah objek wisata pantai yang cocok untuk wisata spritual, karena daerah yang masih belum terlalu terekspos dan menyimpan berbagai keindahan alami yang dibalut kearifan lokal. Untuk mencapai lokasi, pengunjung akan menyusuri daerah persawahan yang cukup teduh dan sejuk.
Pantai Masceti terletak di Desa Medahan, Blahbatuh Gianyar memiliki pasir hitam yang dihiasi suara deburan ombak yang besar, sekaligus menantang para peselancar untuk menari diatasnya. Namun tidak bisa dinaiki, karena banyaknya batu-batu besar di bibir pantai. Hal tersebut di khawatirkan akan berbahaya bagi para surfer.  
Pura Masceti nan Agung
Di belakang garis pantai, berdiri megah Pura Masceti nan Agung. Dengan bangunan bergaya keraton jawa dengan atap mengerucut keatas, memiliki alun-alun yang sangat luas, membuat Pura Masceti seperti layaknya sebuah kerajaan kecil di pinggir pantai.
Berseberangan dengan Pura masceti, berdiri sebuah tempat pemandian alami yang sedianya diperuntukkan bagi wisatawan-wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung. Bangunan milik Ketut Sugatra ini sampai saat masih belum siap dan tidak dipergunakan. Dan menurut warga sekitar, hal itu disebabkan tidak mendapatkan ijin dari otoritas Pura Masceti untuk membangun sebuah bangunan yang tingginya melebihi Pura.
“Sudah lama bangunan itu tidak dipergunakan, tapi lama kelamaan menjadi daya tarik tersendiri, karena setiap orang yang melihat bangunan itu takjub dengan bentuk bangunan yang unik,” tutur Nyoman Sunari, seorang pedagang minuman segar di area Pantai Masceti
Kolam Berenang
Di balik itu semua, ada satu kebiasaan ditempat ini, yaitu warga sekitar pantai sering mengambil air pantai untuk di bawa pulang ke rumah. Bahkan tidak jarang ada warga yang sengaja mandi di pinggir pantai walaupun ombak besar menyambar-nyambar.
Menurut Ketut Mantra, seorang Penjaga Pura Masceti, hal itu dilakukan warga karena sejak jaman dahulu kala meyakini bahwa air laut pantai masceti bisa membawa berkah dan kesembuhan dari penyakit. Apalagi jika pura sedang mengadakan upacara besar, maka warga akan berduyun-duyun mengambil air laut dengan jerigen.
“Aura upacara keagamaan dan upacara adat disini berbeda dengan ditempat lain, disini terasa seperti sedang membawa persembahan langsung ke Surga, sangat hikmat dan suci,” jelas Ketut Mantra menambahkan.
Menikmati Pantai Masceti
—————————————————-
Selasa, 19 Mei 2015
Jurnalis    : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor      : ME. Bijo Dirajo
—————————————————-
Lihat juga...