Kebun Kita, Objek Wisata Edukasi di Balikpapan

Kebun Kita
CENDANANEWS (Balikpapan) – Berwisata sambil belajar, kini tengah digandrungi para orangtua di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pada akhir pekan, tempat-tempat wisata yang menawarkan aktivitas bermain dan belajar selalu dipenuhi pengunjung. 
Salah satunya adalah lokasi wisata ‘Kebun Kita’. Tempat wisata seluas 1 hektar di Jalan Soekarno Hatta Kilometer 9 Balikpapan Utara ini ramai dikunjungi.
Rusman (58), pemilik Kebon Kita
Lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota. Berada diantara perbukitan yang masih banyak pepohonan dengan udara segar. Beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan ditempat wisata keluarga ini adalah kolam renang, outbond, kamping, bercocok tanam, dan mengenal tumbuhan khas Kalimantan. Ada tiga kolam renang yang masing-masing di sediakan untuk balita, remaja, dan dewasa.
Yang paling disukai adalah fun farming. “Memang tempat ini kami desain sebagai tempat wisata sekaligus pembelajaran untuk siapa saja,” kata Rusman (58), pemilik Kebon Kita.
Beberapa tanaman yang disediakan mulai buah lai atau durian Kalimantan, cempedak, mangga dan sebagainya. “Tanaman buah yang kami sediakan memang lebih banyak buah-buahan lokal. Tujuannya agar anak-anak mengenal buah asli Kalimantan dan ikut melestarikannya,” imbuhnya, Minggu (31/5/2015).
Kebon Kita baru dibuka enam tahun lalu, bermula dari keprihatinan Rosman dan istrinya akan minimnya tempat wisata yang bernilai edukasi. Berbekal tabungan selama bekerja, Rosman mulai menata tanah yang dibeli tahun 1997 itu, untuk membuat sebuah arena wisata. 
“Ide tempat ini setelah istri pulang dari Bandung dan Bogor. Kemudian perlahan kami realisasikan,” jelas Rusman.
Secara bertahap, Rosman melengkapi fasilitas Kebon Kita, termasuk kolam renang, toilet, gazebo dan permainan anak. Untuk menikmati berbagai permainan yang ada di tempat wisata ini, pengunjung dikenakan tarif mulai Rp 15 ribu per orang. Tarif ini belum termasuk untuk berenang, permainan anak maupun fun farming. Memang bukan harga yang murah. Akan tetapi manfaat yang diperoleh setelah mengunjungi wisata Kebon Kita cukup besar. 

——————————————————-
Minggu, 31 Mei 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...