Korem Babullah Lakukan Pemantauan Bersama KB-KES di Halmamera

Pemantauan KB-Kes di Desa Wairoro
CENDANANEWS (Ambon) – Korem 152/Babullah beserta BKKBN Provinsi Maluku Utara (Malut) selaku supervisi melakukan pemantauan serta meninjau secara langsung kegiatan KB-Kes yang digelar di Desa Wairoro Kecamatan Weda Kabupaten . Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara, Jumat (29/5/2015).
Dalam siaran pers Penrem 152/Babullah, yang diterima cendananews di Ambon menyebutkan, Kegiatan yang telah berlangsung hampir satu minggu itu memberikan pelayanan kesehatan pengobatan massal dan Fasilitasi Keluarga Berencana (KB) secara gratis di kecamatan setempat. 
Turut hadir dalam pemantauan itu Kepala BKKBN Provinsi Malut Ali Hi Ismail, Sekda Kabupaten Halteng, Ir. Basri Amal, MM, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Jones Sasmita, Kasiter Korem 152/Bbl, Pimpinan SKPD Halteng, Muspika Kecamatan Weda Selatan.
Kepala BKKBN Provinsi Malut saat ditemui pada sela-sela acara mengatakan bahwa angka kelahiran di daerah ini masih tinggi, menyusul rendahnya peserta KB aktif dalam setahun terakhir. Menurut Ali, selama lima tahun ini angka kelahiran meningkat dari 57,4 menjadi 57,9.
Hal ini terjadi karena banyak peserta KB yang mengalami ketidakberlangsungan (drop out), kegagalan dan efek samping alat kontrasepsi, kebutuhan ber-KB yang tidak terlayani yakni 9,1 pada 2007 menjadi 8,5 pada 2012, dengan target 5,0 pada 2014.
Saat ini, BKKBN Maluku Utara berupaya mensosialisasi semua program untuk menggenjot pelayanan KB kepada masyarakat, terutama pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).
Selain itu, lanjutnya, melalui pelayanan KB gratis di sejumlah wilayah binaan di kabupaten/kota untuk menekan angka kelahiran.
——————————————————-
Jumat, 29 Mei 2015
Jurnalis       : Samad V Sallatalohy
Fotografer : Samad V Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...