KPU Balikpapan Targetkan Partisipasi Pemilih Pemilukada 60 Persen

Kantor KPUD Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Meski tingkat pertisipasi pemilih dalam pemilukada beberapa tahun terakhir rendah, Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan Optimis pada 2015 ini mencapai angka 60 persen.
“Target 60 persen itu rasional tapi kalau lebih alhamdulillah,” ungkap Anggota KPUD Kota Balikpapan, Sunarot didaerah setempat, Selasa (19/5/2015).
Sunarot mengakui tingkat partisipasi masyarakat berpenghasilan menengah keatas cukup rendah dibandingkan masyarakat yang berpenghasilan bawah dan tinggal didaerah pinggiran. 
“Kalau diurut kecamatan itu yang paling rendah itu Kecamatan Kota, dan Selatan lalu Tengah, kecamatan Barat, Timur dan Barat lalu utara. Antara pemilih di Balikpapan Kota dan Selatan itu hanya terpaut 1 persen selisihnya yang lain kacamatan lainnya itu selisih 5 persen,”sebutnya Selasa (19/5/2015).
Menurut Sunarot yang juga Ketua Divisi Sosilisasi KPUD Balikpapan, dari perkiraannya kenaikan sekitar 4-5 persen dari pelaksanaan Pemilukada tahun 2011. Hal tersebut dinilai sulit Karena masyarakat urban komuter tingkat pergerakan masyarakat dinamis sekali.  
“Rabu 9 desember hari pemilihan jika pemkot meliburkan itu KPUD tidak jamin itu bisa 80 persen. Kayak statmen pak wali kota sepi loh jalan-jalan dikira ke TPS ternyata jalan-jalan keluar kota,” tuturnya.
Bagusnya katanya Hari pencoblosan tetap masuk tidak diliburkan. Sehingga tidak dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota. Pada pemilukada 2011 lalu jumlah partisipasi pemilih hanya 56 persen dari 400 ribu pemilih.
Agar target angka partisipasi pemilih meningkat, pihaknya akan menggenjot sosialisasi dikalangan pemilih pemula dan juga kaum pria. Namun untuk  pemilih pemula masih ada kendala dalam sosialisasi sebab tanggal pencoblosan itu waktu yang tidak memungkin mereka yang kuliah diluar kota untuk balik.
” Karena baru permulaan awal kuliah, “ katanya.
—————————————————-
Selasa, 19 Mei 2015
Jurnalis    : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor      : ME. Bijo Dirajo
—————————————————-
Lihat juga...