KPUD Kabupaten Kota di Papua Antusias Ikuti Bimbingan Teknis

KPU Papua berikan bimbingan teknis ke KPUD Kabupaten Kota
CENDANANEWS (Jayapura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI apresiasikan kegiatan yang digelar KPUD Provinsi Papua, tidak hanya 11 KPUD Kabupaten Kota yang diharapkan ikuti bimbingan teknis tersebut, namun kabupaten lainnya yang tak ikut juga turut menghadiri kegiatan tersebut.
Divisi Teknis Penyelenggara KPU RI,
Hadar Hafis Bumai
“Saya salut, bimbingan teknis ini kan ditujukan kepada KPUD kabupaten kota yang akan ikuti Pilkada serentak bulan Desember mendatang, tapi kenyataannya antusias dari KPUD kabupaten kota lainnya juga hadir untuk mengetahui aturan-aturan baru di pilkada kali ini,” kata Komisioner KPU RI, Arif Budiman di Kota Jayapura, Sabtu (30/05/2015).
Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggara KPU RI, Hadar Hafis Bumai mengatakan, kegiatan bimbingan teknis yang diselenggaran terfokus pada isu pencalonan.
“Kemudian pembicaraan lain, termasuk pendanaan dan juga para petugas ditingkat distrik dan desa,” kata Hafis.
Bimbingan teknis tersebut dimaksudkan agar KPU setempat memahami sejumlah aturan baru dalam pilkada serentak. Diantaranya ada pembatasan-pembatasan yang baru, seperti soal hubungan darah. “Hubungan darah dan perkawinan atau hubungan darah dengan kepala daerah yang sedang menjabat, itu kami batasi,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy mengatakan kegiatan ini di ikuti seluruh KPUD kabupaten kota di Papua. “Sebenarnya, hanya untuk 11 KPUD kabupaten kota yang wajib mengikuti, namun KPUD kabupaten lainnya ingin tahu juga soal perubahan-perubahan yang ada untuk Pilkada ke depan,” kata Arisoy.
——————————————————-
Sabtu, 30 Mei 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Fotografer : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...