Kredit Konsumsi Masih Dominasi Kredit Perbankan Balikpapan

Bank Indonesia cabang Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Pertumbuhan kredit perbankan secara tahunan mulai meningkat setelah mengalami trend perlambatan selama tahun 2014. 
“Kredit konsumsi masih dominan pada triwulan I tahun 2015 di Balikpapan. Diikuti oleh modal kerja,” jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani.
kepala kantor perwakilan Bank Indonesia
Balikpapan Suharman Tabrani
Suharman mengatakan realisasi penyaluran kredit perbankan di Balikpapan hingga triwulan I 2015 ini mencapai Rp 21,95 triliun, dengan pertumbuhan sebesar 5,7 persen untuk year on year.
“KPR masih menjadi pangsa tertinggi Penyaluran kredit konsumsi kredit konsumsi perbankan sebesar 40,5 persen, diikuti kredit kendaraan bermotor dan kredit multiguna,” terangnya Jumat (8/5/2015).
Menurutnya, pertumbuhan KPR secara umum masih tumbuh positif dengan kredit untuk pembelian rumah tipe 22 sampai dengan 70 tercatat pangsa pasar terbesar. 
Adapun pangsa penyaluran kredit produktif Suharman mengatakan pangsa terbesar masih pada sektor perdagangan, jasa dunia usaha dan pertambangan. “Kredit sektor pertambangan mulai meningkat terutama didorong peningkatan penyaluran kredit pada sub sektor jasa pertambangan migas, yang mengoffset penurunan kredit sub sektor pertambangan batubara,” ulasnya.
Sementara jasa dunia usaha masih terimbas oleh lesunya sektor pertambangan batubara yang merupakan domain konsumen utama. 
Dia menyebutkan kredit UMKM yang telah disalurkan perbankan di kota Balikpapan mencapai Rp 7,14 triliun atau 32,55 persen dari total kredit yang disalurkan. “Pertumbuhan secara tahunan meningkat mengalami peningkatan. Secara kredit UMKM terbesar masih disektor perdagangan, hotel dan restoran. Kemudian disusul oleh sektor konstruksi,” sebutnya. 
————————————————-
Jumat, 8 Mei 2015
Jurnalis : Ferry cahyanti
Foto     : Ferry cahyanti
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...