Kuliner Khas Gianyar, Nasi TEPENG dengan Racikan Rempah

Nasi Tepeng Khas Gianyar
CENDANANEWS (Denpasar) – Berwisata ke daerah Gianyar Bali terasa belum lengkap jika tidak menikmati kuliner khas. Untuk kali ini CND menelusuri sebuah lokasi yang disebut pasar Senggol. Di pasar rakyat tersebut terdapat beraneka ragam, namun kali ini yang menjadi fokus yakni nasi Tepeng.
Nasi Tepeng merupakan makanan khas yang berasal dari Gianyar, makanan yang dimasak dengan campuran lengkap rempah-rempah dan lada membuat terasa pedas di lidah. Ditambah dengan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut menjadikannya semakin ingin dicicipi.
Dalam penyajiannya juga dibuat dengan ciri khas dan meski kuliner ini berbahan dasar nasi, namun diracik dengan cara berbeda akan menghasilkan rasa baru dan tentunya akan memberikan citarasa tersendiri yang membuat ketagihan.
Nasi yang dihargai 10.000 perporsi tersebut dapat dijumpai di Pasar Senggol. Dari Patung ciung wanara, menuju ke arah lapangan gianyar, sampai di jalan Ngurah Rai, tepat di depan Pasar Umum Gianyar, di sanalah Pasar Senggol buka dari pukul 6 sore sampai pukul 11 malam.
Pasar Senggol, Gianyar
Menikmati Nasi Tepeng yang pedas sambil ditemani suasana tenang Kota Gianyar di sore hari, terasa lengkap perburuan kuliner kita di tengah kota Gianyar.
“jika datang saat malam hari, maka akan lebih terasa aura pasar malam di sini, dan sudah hampir 15 Tahun suasana itu tidak pernah berubah,” Jelas Purna, tukang parkir motor yang merupakan warga asli kelahiran Gianyar mempromosikan kepada CND, Selasa (19/5/2015).
—————————————————-
Selasa, 19 Mei 2015
Jurnalis    : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor      : ME. Bijo Dirajo
—————————————————-
Lihat juga...