Menikmati Keindahan Air Terjun Tirtosari Magetan Jatim

Air Terjun Tirtosari

CENDANANEWS (Magetan) – Berada tidak jauh dari tempat wisata Telaga Sarangan, rupanya terdapat pula tempat wisata lain yaitu wisata air terjun Tirtosari. Objek ini berada di Desa Ngancar Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Dari Telaga sarangan, dapat menggunakan kendaraan menuju pintu masuk wisata air terjun ini. Namun, pengendara diharapkan berhati-hati dan mengurangi kecepatannya, karena jalanan menuju pintu masuk air terjun cukup berkelok dan menanjak. Setelah sampai di pintu masuk dan membayar tiket masuk sebesar Rp.9.000,- sekaligus bisa memarkir kendaraannya di rumah-rumah penduduk yang memang sudah disiapkan sebagai tempat parkir pengunjung.
Sebelum berniat datang ke Wisata Air Terjun Tirtosari, sebaiknya mempersiapkan fisiknya terlebih dahulu. Karena dari tempat parkir kendaraan, para wisatawan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1,5 km atau sekitar 30 menit melewati jalan setapak dan juga anak tangga yang cukup tinggi untuk menuju lokasi air terjun.

Namun tidak perlu khawatir, karena selama berjalan kaki menuju lokasi air terjun akan melewati jalan setapak yang sudah cukup tertata. Selain itu, rasa lelah selama perjalanan akan sedikit berkurang karena sejauh mata memandang, disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dari bukit-bukit dan juga lahan pertanian yang berada di kanan kiri jalan. Di titik ini, bisa berhenti sejenak untuk beristirahat, berfoto maupun menghirup udara yang segar.
Setelah dirasa cukup beristirahat, perjalanan bisa kembali di lanjutkan. Disini fisik kembali di uji dengan menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak dan panjang yang bisa menguras stamina.
Setelah melewati anak tangga, sampailah di lokasi air terjun Tirtosari. Di lokasi air terjun, semua rasa lelah selama perjalanan terbayarkan dengan keindahan Air Terjun yang bertingkat. Di sisi kanan dan kiri air terjun sudah di bangun 2 tangga dari beton untuk memudahkan mencapai air terjun. Yang ingin merasakan dinginnya air terjun Tirtosari, bisa mandi di bawah guyuran air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 m. Menurut Mitos yang beredar di masyarakat, orang yang mandi atau sekedar cuci muka di air terjun ini akan awet muda.
“Air Terjun ini dulunya bernama Air Terjun Ngaduloyo, kemudian oleh pemerintah Kabupaten Magetan diganti namanya menjadi Air Terjun Tirtosari”, ujar Wawan salah satu masyarakat setempat yang menjadi pemandu wisata di air terjun ini. Air Terjun Tirtosari dikelola oleh Pemerintah, Perhutani dan di bantu masyarakat setempat, tambahnya.

Pemadangan menuju lokasi air terjun
————————————————-
Rabu, 6 Mei 2015
Jurnalis : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...