Moeldoko : Masyarakat Harus Mandiri Swasembada Pangan


CENDANANEWS (Padang Pariaman) — Pendampingan prajurit TNI terhadap petani yang ada di Provinsi Sumatera Barat, hampir berakhir. Panen Raya di Kasang, Kabupaten Padang Pariaman pada Rabu (20/5/2015) siang menjadi masa-masa terakhir pendampingan.
Panglima TNI Jenderal Moeldoko meminta masyarakat untuk segera mandiri dalam mewujudkan swasembada pangan di Indonesia. Sebab, ia mengatakan, pendampingan yang diberikan TNI kepada masyarakat, ada batas waktunya.
“Pendampingan TNI sementara pada masyarakat, harusnya begitu, agar masyarakat bisa mengadapi tantangannya sendiri nantinya,” ujar Moeldoko dalam kunjungan kerja ke Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (20/5/2015).
Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, prajurit TNI berkomitmen mendukung usaha membangun ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bantuan tenaga pembangunan di sektor pertanian.
“Hari ini, sudah saatnya cangkul di depan dan senjata dibelakang. Kalau dulu senjata yang didepan,” lanjut Moeldoko.
Jenderal Moeldoko juga mengatakan, TNI memiliki banyak prajurit. Potensi ini, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat di bidang pertanian.
“Kalau kepentingannya memang pendampingan masih ada beberapa waktu sampai dengan ada transisi tertentu, ya kami persilahkan,” jelas Jendral dengan gelar doktor tersebut.
Jenderal Moeldoko mengunjungi Sumatra Barat dalam acara ‘Panen Raya Padi Organik untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Wilayah Sumatra Barat’. Ia mengatakan, berdasarkan keterangan yang disampaikan Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, panen padi dengan benih organik varitas Kartika meningkatkan kuantitas. Panen dengan benih biasa, hanya menghasilkan lima ton per hektar. Namun, panen kali ini meningkat menjadi 6,8 ton per hektar.
“(Jumlahnya) mungkin itu karena baru. Kalau di Jawa, jenis Kartika ini bisa 15 ton per hektar. Mudah-mudahan di sini segera bisa menyamai di Jawa,” tutur Jenderal Moeldoko.
Ia berharap, peran Korem 032 Wirabraja bisa lebih berkontribusi semakin baik. Sehingga, lanjutnya, kehadiran TNI di Sumbar benar-benar bermanfaat bagi lingkungannya.

———————————————————–
Kamis, 21 Mei 2015
Jurnalis : Muslim Abdul Rahman
Foto : Muslim Abdul Rahman
Editor : Sari Puspita Ayu
———————————————————–
Lihat juga...