Monumen Bambu Runcing, Wisata Sejarah di Kota Surabaya

Monumen Bambu Runcing
CENDANANEWS (Surabaya) – Salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi di Surabaya yaitu monumen bambu runcing. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang dengan senjata seadanya dalam mempertahankan kemerdekaan dari invasi penjajah. 
Bambu runcing adalah senjata tradisional yang terbuat dari bambu yang diruncingkan dan digunakan oleh tentara Indonesia dalam pertempuran melawan kolonialisme Belanda tepatnya pada tanggal 10 November 1945, yang sekarang diperingati sebagai hari pahlawan. 
Bambu runcing ini dibuat karena terbatasnya senjata modern yang ada dan menunjukkan semangat diantara para prajurit sebagai warga sipil Indonesia. Untuk itulah monumen bambu runcing ini dibangun di Jalan Panglima Sudirman yang tepat di jantung kota. 
Monumen ini terdiri dari lima pilar dan memiliki tinggi yang tidak sama dan dibentuk seperti bambu runcing. Pada waktu tertentu, akan ada air yang mengalir keluar dari bambu runcing, layaknya air mancur. Selain itu, monumen ini dikelilingi taman kecil yang penuh dengan beragam tanaman hias.
Menurut salah satu pengunjung, Ira (20 tahun) setelah kuliah dia jalan-jalan ke monumen bambu runcing dengan teman-temannya. Selain tamannya sejuk juga sebagai motivasi karena dengan senjata seadanya, rakyat Indonesia tetap berjuang.

——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...