MUI Padang: Tidak ada Keharusan untuk Mengkalibrasi Arah Kiblat

Mesjid Raya Sumbar
CENDANANEWS (Padang) – Data dari Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu BMKG Jakarta. Yang menyatakan hari Kamis (28/5/2015) ini matahari akan tepat di atas Ka’bah pada pukul 12:18 Waktu Saudi atau pukul 16:18 WIB. 
“Pada waktu tersebut, pandangan  (di Indonesia) ke arah posisi Matahari adalah sama dengan arah ke Kiblat. Karena itu, saat tersebut sangat baik untuk mengalibrasi lagi arah kiblat,” tulis data tersebut.
Duski Samad

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat (Sumbar), H. Duski Samad M.Ag. Menyatakan bahwa tidak ada keharusan untuk mengkalibrasi arah kiblat. Namun jika ada masyarakat yang ingin melakukan kalibrasi, dianjurkan untuk melakukannya bersama ahli.

“Masyarakat yang masih meragukan apa yang telah ditetapkan masjid dan mushola atau tempat ibadah, dapat menyesuaikannya hari ini karena Ini momen yang tepat. Bagi yang telah mempercayai apa yang telah diukur, percayailah sesuai dengan keilmuannya,” ujar Duski Samad pada Cendananews pada Kamis (28/5/2015) siang.
Sebelumnya, himbauan resmi sudah disebarkan kepada para pengurus masjid dan mushola. Menurut Duski, yang juga ketua MUI Kota Padang ini masyarakat sudah cerdas juga sudah ada beberapa alat dan lembaga yang memfasilitasi arah kiblat.
“Himbauan resmi sudah kita buat tadi, tapi masyarakat sekarang sudah cerdas. Karena masalah kiblat itu sudah ditetapkan oleh badan hisab dan rukyat. Bagi yang mau, tidak apa-apa namun harus sesuai dengan patokan-patokan keilmuannya masing-masing,” Pungkas Duski.
——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...