Panwaslukada Mabar NTT Kecam Baliho Prematur Bakal Calon

Deretan Baliho Balon Kada Manggarai Barat terpasang di  Pertigaan Pasar Baru Labuan Bajo

CENDANANEWS (Flores) – Maraknya publikasi baliho prematur oleh para bakal calon Kepala Daerah di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, ternyata mendapat kecaman keras dari pihak Panwaslukada setempat.
Ketua Panwaslukada Manggarai Barat, Fidelis Santi mengakui, pihaknya telah mengirimkan surat perintah kepada partai-partai politik di Kabupaten Manggarai Barat untuk segera menurunkan baliho bakal calon Kepala Daerah yang diusungnya.
Disebutkan, pemasangan baliho yang telah dilakukan para bakal calon Kepala daerah Manggarai Barat menyalahi ketentuan KPUD.
“Kita ‘kan belum ada penetapan calon, baliho dan alat-alat peraga lain itu diperbolehkan dipasang setelah ada penetapan sebagai peserta pemilu,” katanya di Flores, Sabtu (30/05/2015).
Ketua Panwaslukada Manggarai Barat, Fidelis Santi

Dirinya mengakui, telah melayangkan surat yang sama kepada Pemda Manggarai Barat melalui lembaga Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik), karena Pemerintah merupakan pihak yang berwewenang menertibkan baliho-baliho semacam ini. 

“Kami kemarin telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Daerah melalui Kesbangpol untuk menurunkan baliho-baliho yang ada,” tuturnya.
Pantauan Cendananews, tampak belum ada tanggapan dari partai-partai politik atau Kesbangpol terkait dengan masalah baliho prematur ini. Baliho-baliho antara lain masih terlihat terpasang di berbagai titik pinggir jalan raya di Kota Labuan Bajo.
Terkait dengan belum adanya tanggapan dari pihak-pihak terkait, Fidelis mengatakan, pihaknya akan mengirimkan surat lagi. “Kalau surat tidak ada tanggapan lagi, kita akan tindak lebih lanjuti,” pungkasnya.
Pantauan Cendananews, Sabtu (30/05/2015), penampakan baliho prematur para bakal calon antara lain terlihat pada berbagai titik pinggir jalan raya di Kota Labuan Bajo. Bahkan tampak pula semua ‘bakal calon’ pada baliho tersebut sudah menyatakan diri sebagai ‘calon’ Bupati Bupati Manggarai Barat.
——————————————————-
Sabtu, 30 Mei 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...