Pemko Padang Gusur 150 Lapak Masyarakat di Jalan Andalas

Penggusuran dengan alat berat [ilustrasi – net]
CENDANANEWS (Padang) – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melakukan penggusuran pada 150 toko, lapak, dan bangunan. Yang dianggap  melanggar Perda Nomor  11 tentang pembangunan di atas riol dan mengganggu jalan.
Dibawah komando Camat Padang Timur, Racmadeny Dewi Putri, puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi, dan TNI  membongkar bangunan dan lapak. Bangunan ini dianggap   menganggu serta  memakai trotoar dan badan jalan. Penggusuran ini berlangsung di kawasan Andalas, Kota Padang.
Tidak ada perlawanan dalam aksi tersebut, sebab pemilik bangunan sudah mendapatkan peringatan sebanyak dua kali. Camat Padang Timur Racmadeny Dewi Putri mengatakan, pembongkaran seperti ini akan terus berlangsung di seluruh wiliayah Kecamatan Padang Timur.
“Saat ini difokuskan di Jalan Andalas. Karena saat-saat jam sibuk selalu terjadi kemacetan.Kemacetan tersebut disebabkan banyaknya volume kendaraan dan menyempitnya jalan karena pembangunan yang melampaui batas,” ujar Racmadeny Dewi
Dewi menjelaskan, masyarakat tidak bisa melakukan perlawanan saat pembongkaran, karena ia dan jajarannya sudah memberikan surat peringatan sebanyak dua kali. Dewi juga menjelaskan. Setelah bangunan tersebut di bongkar, pihaknya akan terus melakukan pengawasan.
“Saat ini, memang ada beberapa bangunan yang tidak bisa dibongkar karena harus mengggunakan jasa tukang. Pemilik bangunan ada yang membuat perjanjian akan membongkar sendiri bangunannya. Mereka takut rusak, dan itu kita hargai,” lanjutnya.
Salah seorang pemilik toko Hera mengatakan, dirinya pasrah dengan penertiban tersebut. Asalkan penertibannya merata dan tidak pandang bulu. Dirinya menyadari bahwa bangunannya menyalahi aturan.
“Kami hanya meminta, setelah dibongkar seng dan pintu yang terbuka ditutup dan dirapikan kembali,” ujar Hera.
——————————————————-
Senin, 25 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...