Pepeng ‘Jari-jari’, Pelawak yang tidak Menyerah walau Sakit

Ferrasta Soebardi / Pepeng [net]
CENDANANEWS – Jari – jari, kata yang tidak asing ditelinga, sebuah program acara yang populer di era 90-an, tepatnya di tahun 1992, sebuah program kuis di TV Swasta mengangkat nama Ferrasta Soebardi atau lebih dikenal dengan nama Pepeng.
Pepeng sebelum marambah TV, dirinya merupakan seorang pelawak yang telah berkecimpung di udara melalui Radio. Berawal dari masa kuliah dan berhasil meraih juara pertama pada tahun 1978 dalam lomba lawak mengantarkan dia lebih jauh ke dunia Hiburan dengan membintangi beberapa Film.
Meski sempat menghilang dari ranah hiburan, Pepeng dengan gaya Nyentriknya kembali muncul dan menjadi sensasi di tahun 1992, yang mengangkat kembali pamornya dan ditunggu pemirsa meski hanya muncul selama tiga menit membawakan kuis. Itu sekilas tentang Almarhum Pepeng yang telah berpulang menghadap Sang Pencipta, Rabu pukul 10.05 WIB di Rumah Sakit Puri Cinere, Jakarta.
Pepeng meninggal di Depok, 6 Mei 2015 pada umur 60 tahun yang diperkirakan adalah karena serangan jantung yang pada Maret tahun lalu juga pernah dialaminya.
Sebelum kena serangan jantung, Pepeng telah bertahun – tahun mengidap penyakit langka multiple sclerosis (MS). penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang selubung pelindung (myelin) yang menutup saraf di otak. Kerusakan myelin mengganggu komunikasi antara otak dan seluruh tubuh. Pada akhirnya, kondisi saraf sendiri mungkin memburuk, dan kerusakannya tak bisa diperbaiki.
Namun meski harus selalu berkursi roda tidak menghalangi pria asal Sumenep, Madura ini untuk menyelesaikan Tugas Akhirnya di Pasca Sarjana Psikologi Universitas Indonesia, jurusan Psikologi INTERVENSI SOSIAL pada tanggal 4 Agustus 2006 dengan nilai sangat memuaskan (A). 
Keluarga Besar www.cendananews.com turut berdukacita. Selamat Jalang Pepeng ‘Jari – jari’, semoga mendapatkan posisi yang terbaik di sisi-Nya. 
————————————————-
Rabu, 6 Mei 2015
Penulis : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...