Persiapan Mudik, Pelni Balikpapan Lakukan Perawatan Kapal

Pelabuhan Balikpapan

CENDANANEWS (Balikpapan) – Perawatan dan peremajaan salah satu unit armadanya, akan dilakukan PT Pelni (Persero) menyambut musim mudik mendatang. 
“Satu kapal Dorolonda akan docking pada 30 Mei sampai 28 hari ke depan. Akhir Juni diperkirakan sudah kembali beroperasi,” papar General Manager (GM) Nawawi Kamarullah di jumpai di kantornya. 
Nawawi menerangkan kurun waktu tersebut sengaja dipilih mengingat trend isian penumpang saat ini masih low. Adapun potensi penumpang saat perak season seperti Lebaran naik hingga 15 persen dari jumlah normal.
“Nantinya selama proses docking, Pelni cabang Balikpapan hanya ditunjang 3 armada. Masing-masing KM Binaiya, KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu,” sebutnya Senin (11/5/2015).
Menurut Nawawi, adanya perawatan sekaligus menandai absennya rute Balikpapan-Surabaya untuk sementara waktu. Sebelum Ramadan kapal tersebut akan kembali beroperasi melayani perjalanan ke Surabaya-Pantoloan-Tolitoli Toli -Bitung-Ternate-Sorong-Jayapura.
Ia juga mengingatkan kepada calon penumpang untuk melakukan pembelian tiket jauh hari sebelumnya pada saat mudik Lebaran. “Ya, sekarang kan sudah berlaku sistem pembelian tiket first come person. Berangkat periode mudik, beli tiket dari sekarang, tidak ada lagi pembelian saat hari H, kecuali seat masih tersedia,” imbuhnya.
Perawatan unit armada menyambut Ramadan mendatang juga dilakukan PT Jembatan Nusantara perusahaan moda transportasi laut jenis Roll on-Roll off (RoRo). “Rencananya pertengahan Mei nanti. Ada 2 kapal yang docking, sebelumnya kami diperkuat 4 armada,” ujar Pemimpin Cabang Heru Cahya. 
Namun dia memastikan, sebelum Ramadan kapal dalam keadaan siap dan semakin prima melayani arus penumpang. Lonjakan penumpang pun dipastikan 10-15 persen.
————————————————-
Minggu, 10 Mei 2015
Jurnalis : Ferry Cahyanti
Foto     : Ferry Cahyanti
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...