Pertama Kali di Balikpapan, Pantai Jadi Pusat Expo Antarnegara

Balikpapan Expo 2015

CENDANANEWS (Balikpapan) – Ada yang sedikit berbeda dari gelaran Balikpapan Expo 2015 yang diikuti 160 perusahaan multinasional dari 16 negara. Dalam tahun kesebelas, kegiatan tersebut diselenggarakan di pantai yakni kawasan Manggar Balikpapan Timur.
irektur Eksibisi PT. Sinar Expo Prima sebagai Penyelenggara Balikpapan Expo 2015, Lindawati menyebutkan, pameran yang berlangsung selama tiga hari tersebut disambut antusias oleh pengunjung maupun peserta.

“Antusias para peserta kali ini sangat luar biasa, karena ditempat yang berbeda membuat peserta dari berbagai negara ini sangat senang, apalagi menampilkan suasana pantai,” ujar Linda di Balikpapan.

Disebutkan Linda, peminat dalam Balikpapan Expo 2015 diluar prediksi, terutama jika mengacu pada perekonomian nasional yang kurang menggembirakan, terutama didalam sektor pertambangan.

“Jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini, di luar prediksi kami. Namunkondisi ini tidak berpengaruh terhadap para peserta, lantaran transaksi yang terjadi lebih banyak dilakukan dalam jangka waktu panjang,”katanya.

Dikatakan, para peserta pameran dagang adalah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, terutama minyak, gas dan batubara. Adapun negara yang ikut dalam pameran ini diantaranya Australia, India, China, Jepang, Malaysia, Swiss, Rusia, dan Amerika Serikat serta Indonesia. Selain ajang expo, kegiatan ini juga menjadi transaksi awal dari berbagai perusahaan.

“Biasanya, transaksi tidak dilakukan di tempat. Kerjasama dilakukan B to B (Business to Business),” terang Linda.

Dia optimis mampu meraup transaksi Rp 200 miliar selama pameran yang berlangsung 3 hari. Dalam Expo kali ini, selain target transaksi, penyelenggara juga optimis mendatangkan 2000 orang setiap hari dari 1.600 undangan yang disebar.

Dalam kesempatan yang sama salah satu perusahaan yang ikut dalam Balikpapan Expo yakni Perusahaan yang fokus pada produk sepatu Safety yakni Cheetah Safety Wear yakin pameran ini salah upaya mendongkrak penjualan produknya.

“Setiap tahun kami ikut dalam kegiatan Balikpapan Expo ini. Ini untuk memperlihatkan produk kami, sekaligus menggenjot penjualan kami,” kata Sales Executive Cheetah Safety Wear Balikpapan Dion Mawuntu disela-sela memperlihatkan produknya.

Dion berharap, dari pameran ini dapat mendongkrak penjualannya karena realisasi penjualan awal tahun ini kurang menggembirakan. Diakuinya penjualan mengalami penurunan sekitar 30 persen akibat ekonomi yang kurang bersahabat. Tahun lalu biasanya pada awal tahun sudah mencapai 60 persen.

“Produk yang kami tawarkan sepatu Safety dengan berbagai kelebihannya. Kami optimis penjualan sesuai dengan targetnya,” singkatnya.

——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       :  Ferry Cahyanti
Fotografer :  Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-

Lihat juga...