Pertamina Tambah 10 Persen Pasokan Elpiji 3KG di Kalimantan

Elpiji 3 KG
CENDANANEWS (Balikpapan) – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan akan menambah pasokan elpiji 3 Kilogram sekitar 6 hingga 10 persen, dari penyaluran bulan sebelumnya atau reguler. “Mulai 1 Juni sudah ada penambahan stok di seluruh Kalimantan,” ungkap Senior Supervisor External Relation Andar Titi Lestari. 
Menurutnya, peningkatan konsumsi biasanya terjadi menjelang dan pekan pertama Ramadan. Dan siklus akan kembali normal atau kembali normal sepekan jelang Ramadan. “Siklusnya biasa ada kenaikan menjelang dan minggu pertama Ramadan. Ini biasa terjadi setiap tahun jelang Ramadan,” ujarnya, Jumat (29/5/2015).
Hingga triwulan I total penyaluran elpiji botol 3 Kg sudah mencapai 1.272.680 botol. Dengan rata-rata penyaluran 438.240 botol di bulan Januari. Sementara Februari dan Maret masing-masing 400.000 botol dan 434.442 botol.
“Meningkatnya permintaan pada elpiji 3 kilogram tersebut berbanding terbalik dengan permintaan bahan bakar minta (BBM). Permintaan BBM mengalami penurunan jelang hari raya seiring masuknya musim mudik,” papar Andar di ruang kerjanya.
Dia melanjutkan tingginya arus mudik oleh masyarakat membuat grafik konsumsi elpiji di Kota Minyak berbeda. Peningkatan konsumsi justru terjadi awal Ramadan. Sedangkan menjelang lebaran cenderung turun.
Selain itu, Pertamina juga akan membentuk satuan tugas (Satgas) di seluruh Kalimantan dengan tugas pokok mengkoordinir dan memantau kelancaran penyaluran 2 pekan menjelang dan setelah lebaran. 
——————————————————-
Jumat, 29 Mei 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...