Pesona Pantai Senggigi dan Jalanan yang Menguji Nyali

Jalan berliku di Pantai Senggigi
CENDANANEWS (Mataram) – Selain tiga gili, Gili Terawangan, Gili Air dan Gili Meno Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Salah satu Objek pariwisata Pulau Lombok yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah pantai Senggigi Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Nusa Tenggara Barat (NTB).
Terletak di bagian barat utara Kabupaten  Lobar, pantai Senggigi merupakan pantai yang tidak pernah sepi kunjungan dari pagi sampai sore hari selalu ramai oleh wisatawan dan muda mudi, baik yang sekedar jalan-jalan menikamati keindahan panati, maupun yang sengaja datang berlibur.
Lokasi yang terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Mataram, menjadi salah satu alas an kenapa pantai Senggigi menjadi pilihan banyak orang termasuk wisatawan luar mengahabiskan masa liburan maupun sekedar jalan-jalan sore.
Selain dekat dari pusat kota, hal lain yang membuat pantai Senggigi banyak kunjungan dan membedakannya dengan pantai lain di Kabupaten Lobar, jalanan menuju pantai merupakan jalanan berkelok disepanjang perbukitan pinggiran pantai dengan tanjakan tajam yang cukup menguji nyali untuk melewatinya.
Tapi jalanan berkelok dengan tanjakan yang lansung berhadapan dengan bibir pantai Senggigi itulah yang membuat pantai Senggigi demikian mempesona dengan pasir putih dan air laut berwarna biru membuat setiap wisatawan yang datang berlibur bisa berdecak kagum terutama di sore hari.
Dari atas jalanan perbukitan, pengunjung maupun wisatawan juga bisa menikmati warna kemerahan sunset yang lansung berhadapan dengan pulau Dewata Bali termasuk bisa melihat secara lansung tiga Gili Kabupaten Lombok Utara, Gili Air, Meno dan Terwangan.
Pantai Senggigi biasanya akan ramai kunjungan menjelang libur panjang dan ahir pekan. Pada hari libur seperti ini, kawasan jalanan menuju pantai Senggigi seringkali mengalami kemacetan dan antrian panjanga sampai kiloan meter terutama menjelang sore sampai malam hari.
Pantai Senggigi dalam perjalanannya memang telah menjadi salah satu tujuan wisatawan, karena memang bisa dikatakan kalau Pantai Senggigi merupakan pantai pertama kebangkitan pengembangan pariwisata NTB dan lebih banyak dikenal wisatawan mancanegara sampai sekarang.
Tidak heran, meski merupakan pantai dengan daerah perbukitan dan dikelilingi tebing curam, bangunan perhotelan dan vila sepanjang perbukitan banyak berdiri berjamuran dengan ukuran, model dan penawaran harga beragam tergantung kemampuan keuangan dan selera diinginkan.
Sehingga bagi yang kebetulan ingin menghabiskan masa liburan dan membutuhkan tempat penginapan, hotel dan vila yang terdapat di pantai senggigi menyediakan berbagai kebutuhan dan fasilitas penginapan diinginkan, termasuk makanan khas suku Sasak Lombok juga bisa anda dapatkan.
Untuk bisa sampai Pantai Senggigi, dari Kota Mataram bisa ditempuh menggunakan taksi hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit, bagi yang bersama keluarga dan ingin lebih santai menikmati perjalanan sepanjang pantai, bisa menyewa mobil rentcar dengan harga cukup terjangkau.
Dua Gli, Gili Air dan Meno Kabupaten Lombok Utaran nampak dari pantai Senggigi

——————————————————-
Minggu, 24 Mei 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...