Pos Polisi Quick Respons Kuta Berikan Rasa Aman pada Wisatawan

Pos Polisi Polsek Kuta
CENDANANEWS (Denpasar) – Tingkatkan keamanan dan Kenyamanan pantai kuta Bali Polsek Kuta mendirikan Pos Polisi Quick Respon tepat di dekat pintu masuk pantai berhadapan dengan Hard Rock Cafe.
Pos Polisi Quick Respons Polsek Kuta ini menitikberatkan kepada pencegahan atas kejadian-kejadian atau kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi di jalanan. Misalnya pencopetan, perampokan/pembegalan, sampai selisih faham antar wisatawan atau antar pelaku wisata.
Menurut Bripka I Made Parta yang kami temui di lokasi, sejauh ini Pantai Kuta aman terkendali. Bahkan selama ia dan rekan-rekannya silih berganti bertugas di tempat ini, belum ada kejadian-kejadian fatal akan gangguan keamanan atau ancaman terhadap jiwa dari semua orang yang ada di pantai Kuta.
Kunci dari keberhasilan Pos Polisi Quick Respons Polsek Kuta di depan pantai ini tidak lepas dari cara polisi berkoordinasi dengan pihak Dishub yang bertugas mengatur alur lalu lintas di jalan depan pantai.
“Jika alur jalan lancar, maka akan memudahkan pemantauan kami terhadap keamanan para wisatawan dan semua pelaku wisata yang beroperasi di area ini. Terutama area depan Hard Rock Cafe yang selalu jadi tempat berfoto para wisatawan atau warga yang berkunjung di pantai Kuta,” jelas Bripka I Made Parka kepada kami.
Ketertiban parkir motor dan kendaraan adalah wilayah dari Dishub yang selalu dijaga kelangsungannya. Sedangkan Kepolisian bertugas memantau semua gerakan masyarakat dan wisatawan sekaligus keamanan dari para petugas Dishub yang sedang bekerja.
Para Petugas Quick Respons Polsek Kuta juga diharuskan memiliki kepekaan pelayanan publik yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk membantu wisatawan maupun masyarakat yang datang untuk mencari informasi tempat atau melaporkan hal-hal apapun.
Aipda Nengah Slamet, rekan Bripka I Made Parta menambahkan, mereka bertugas sesuai shift 12 jam per hari, dan semua dilakukan dengan penuh tanggungjawab.
“Bukan tanggungjawab terhadap pimpinan dan korps saja, akan tetapi tanggungjawab kita sebagai penegak hukum terhadap masyarakat,” jelas Pria berperawakan ramah ini kepada kami sekaligus berpamitan untuk bertugas kembali setelah istirahat makan siang.
————————————————-
Minggu, 10 Mei 2015
Jurnalis : Miechell Koagouw
Foto     : Miechell Koagouw
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...