Ruang Publik Di Lampung Selatan Butuh Banyak Tanaman Penghijauan

Ruang terbuka hijau
CENDANANEWS(Lampung) – Kebutuhan akan penghijauan di ruang publik masih terus dipenuhi dengan penanaman pohon pohon di sekitar jalan di seputar kota Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.  Beberapa pohon tumbuh berjajar di kanan dan kiri Jalan Baru yang menghubungkan kompleks perkantoran pemda Lampung Selatan dengan perumahan warga di Perumahan Ragom Mufakat II dan Perumahan Hartono.
Pohon berkanopi tersebut merupakan jenis pohon Trembesi dengan ciri khas batang dan ranting membentuk payung di atas jalan yang ada di kota Kalianda tersebut. Ciri khas pohon berkanopi tersebut menyerupai payung yang menahan panas saat cuaca terik sehingga beberapa warga memanfaatkan untuk bersantai saat tengah hari di Jalan yang dinamakan Jalan Cinta tersebut.
Nama jalan ini banyak yang menyebutnya Jalan Cinta. Entah sejak kapan mungkin karena anak muda terutama muda mudi usia sekolah sering berkumpul di tempat ini. Selain sejuk, tempat ini relatif luas untuk bisa dijadikan tempat berteduh dari sengatan matahari.
Letak jalan yang berdekatan dengan komplek perkantoran Pemda Lampung Selatan, sekolah tingkat SMA sekaligus jalan pintas yang tidak melewati Jalan Lintas Sumatera menjadi pilihan untuk melintasi jalan ini. Infrastruktur umum dan vital tersebut tidak saja menjadi sarana lalu lintas warga tapi sekaligus menjadi ruang publik untuk penghijauan.
Salah seorang pegawai swasta di Lampung Selatan bahkan mempergunakan lokasi tersebut untuk bertemu dengan kawan kawan sekedar untuk bersantai dengan adanya beberapa warung kopi di pinggir jalan.
“Suasana sejuk membuat saya dan kawan kawan menyempatkan waktu untuk membahas bisnis atau sekedar bersantai melepas lelah,” ungkap Sonny (35) kepada media ini, Selasa (26/5/2015).
Pohon pohon penghijauan di Kabupaten Lampung Selatan menurut salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta di Lampung Selatan, Fitrianingsih (22) sangat diperlukan terutama di Ruang terbuka Hijau yang masih sangat dibutuhkan di Lampung Selatan.
Beberapa ruang publik yang ada di Lampung Selatan menurut Fitri sudah cukup baik terutama dengan banyaknya tanaman yang ada di lapangan Korpri Lampung Selatan, sekitar Tugu Adipura, Masjid Agung serta Ruang Terbuka Hijau (RTH) di depan kantor Bupati Lampung Selatan.
Berbagai jenis tanaman bunga dan pohon yang sudah mulai ditanam dan juga beberapa sudah tumbuh besar menjadi penanung bagi warga masyarakat yang melakukan aktifitas di sekitar lokasi tersebut. Selain penaung pohon pohon tersebut menjadi sumber kebutuhan oksigen yang diperlukan masyarakat.
“Ruang terbuka hijau, penanaman pohon menjadi faktor penting bagi kepentingan banyak orang sehingga masih perlu ditambah dan adanya pohon pohon di tempat tempat publik sangat penting,” ungkap Fitri yang juga menjadi mahasiswa pecinta alam di kampusnya.
Ia berharap agar instansi terkait bisa menambah ruang publik yang disertai dengan penghijauan baik. Bahkan Masjid Agung Kubah Intan Kalianda kini mulai dipenuhi dengan pohon-pohon trembesi yang menjadi peneduh.
Ia bahkan mengungkapkan sebagai mahasiswa pecinta alam dan lingkungan pernah melakukan penanaman pohon peneduh di sepanjang jalan yang ada di Lampung Selatan. Pohon-pohon yang cocok ditanam di tepi jalan dan ruang publik untuk ruang terbuka hijau diantaranya pohon Trembesi, Pohon Mahoni, Pohon Pinang, pohon Palem.
Fitri berharap, masyarakat bisa menjaga keberadaan pohon pohon penghijauan di tempat publik tersebut dengan tidak menebang atau merusak dengan menjadikan tempat memasang baner iklan komersial atau iklan pilkada.
“Selama ini pohon pohon yang ada di pinggir jalan disalahgunakan untuk memasang iklan, spanduk padahal penananaman pohon tersebut berfungsi untuk penghijauan,” ungkap Fitri.
Kebutuhan akan pohon penghijauan menurutnya bukan hanya menjadi tanggung jawab berbagai pihak bukan hanya pemerintah. Sebab ruang publik dan ruang terbuka hijau dibuat bukan untuk mengejar atau memenangkan piala Adipura tapi udara bersih dari tanaman penghijauan menjadi kebutuhan warga.
Meskipun di beberapa jalan sudah banyak ditanam tanaman penghijauan Fitri dan beberapa mahasiswa lain melihat masih banyak ruang publik dan jalan jalan di Lampung Selatan yang tidak memiliki tanaman peneduh sehingga masih diperlukan penanaman.

——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...