Salurkan Kreativitas Anak Muda Pasuruan Dirikan Bengkel T-Brush

Bengkel T-Brush
CENDANANEWS (Lampung) – Aktifitas hobi memodifikasi kendaraan roda dua atau motor mendorong beberapa anak muda di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan Lampung Selatan ini mendirikan bengkel. Menurut Amir Hamzah(20) dan Tibo(20), bengkel yang diberi nama T-Brush tersebut awalnya bermula dari hobi keduanya memainkan warna warna pada body kendaraan motor mereka berdua.
Selanjutnya dengan bermodalkan lokasi strategis di pinggir Jalan Lintas Sumatera keduanya akhirnya menyiapkan alat alat perbengkelan yang menunjang aktifitas kedua penghobi motor modifikasi tersebut. 
“Awalnya kalau nominal uang kami lupa pokonya di bawah 5 juta dan juga didukung oleh saudara kami diberi modal semacam ruko yang kami gunakan untuk bengkel kami ini,”ungkap Amir saat ditemui media ini di bengkelnya, Sabtu(16/5/2015).
Meskipun baru berjalan sekitar satu tahun, bengkel yang terletak di jalan lintas nasional ini mulai dikenal kawan kawan sesama pecinta kendaraan modifikasi. Bahkan anak anak muda Desa Pasuruan dan desa lain menggunakan bengkel miliknya sebagai tempat berkumpul dan berbagi ilmu tentang modifikasi serta pewarnaan body kendaraan.
Tak hanya bengkel, komunitas pecinta motor Desa Pasuruan bernama “Community Anak Motor Pasuruan” pun menggunakan bengkel seluas sekitar 4×6 meter tersebut menjadi tempat berkumpul.
Amir yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Kalianda jurusan Tekhnik mesin mengungkapkan awalnya pernah mengalami ditilang polisi lalu lintas karena melanggar lalu lintas, bahkan pernah menyalurkan hobinya kebut kebutan di jalan raya.
“Dulu mah pernah ditilang karena kebut kebutan di jalan, tapi karena ada penyuluhan dari pihak kepolisian agar melakukan aktifitas yang positif, makanya kami mendirikan bengkel,”ujar Amir.
Tibo yang mengaku memiliki saudara polisi lalu lintas pun akhirnya justru disuport untuk menyalurkan hobi modifikasi dengan membuat bengkel.
Kini aktifitas di T-Brush terlihat ramai oleh beberapa kendaraan yang hendak servis di bengkel tersebut. Beberapa pelayanan yang diberikan di bengkel tersebut menurut Tibo tak hanya air brush atau modifikasi pewarnaan namun juga servis lain diantaranya: ganti oli, tambal ban, air brush, modifikasi, over houle, serta reparasi alat alat kendaraan bermotor.
Tibo mengaku awalnya gagasan membentuk bengkel juga dorongan dari kawan kawan pecinta kendaraan roda dua yang dimodifikasi. Namun ia mengakui saat ini modal yang dimilikinya masih minim dan bahkan ia mengaku modal lokasi strategis dan alat alat perbengkelan lengkap yang dimiliki bengkel T-Brush sudah cukup lumayan digunakan.
“Rencananya ke depan kami akan menambah peralatan yang lebih lengkap dan juga menyediakan keperluan para pemotor untuk modifikasi serta onderdil yang baru yang juga kami jual di sini,”ujar Tibo.
Tibo dan Amir mengaku saat ini pendapatan dari usaha bengkel keduanya masih digunakan untuk menutupi biaya operasional membayar listrik, sementara sisanya ditabung untuk mengembangkan bengkel T-Brush miliknya.
Bengkel miliknya diakui oleh Tibo semakin dikenal diantara para pecinta kendaraan bermotor terutama komunitas komunitas yang sering berkumpul bersama mereka saat gathering antar kabupaten dan juga di jejaring sosial yang semakin membuat bengkel tersebut dikenal.
Sementara itu Kepala Desa Pasuruan, ibu Kartini mengungkapkan aktifitas pemuda di desanya tersebut merupakan aktifitas yang positif. Sebagai kepala desa ia bahkan memberi suport agar para pemuda di desanya bisa melakukan aktifitas yang positif diantaranya dengan mendirikan usaha bengkel.
“Saya justru bangga kepada mereka, masih muda tapi justru melakukan aktifitas yang positif dan juga memberi nilai ekonomi buat mereka,” ungkapnya.
T-Brush yang awalnya merupakan bengkel kecil tersebut menjadi tempat berkumpul sesama kawan pecinta modifikasi dan akhirnya memberi pemasukan bagi para pemuda desa yang memilih untuk berwirausaha tersebut.
———————————————————- 
Sabtu, 16 Mei 2015
Jurnalis      : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor        : ME. Bijo Dirajo
———————————————————-
Lihat juga...