Solusi Sehat Tradisional dengan Kunyit ala Mbok Jamu

Jamu Kunyit
CENDANANEWS (Denpasar) – Kunyit dipilih bagian kantil, atau biasa disebut batang ibu dari akar kunyit tersebut. Dicuci bersih, lalu digerus untuk menghilangkan kotoran tanah dan lain sebagainya, kemudian digerus halus. Istilah digerus halus ini biasa disebut di selep.
Setelah di selep, maka dicampur dengan air mendidih yang sangat matang untuk diambil sari kunyitnya, setelah itu barulah dicampur dengan air matang yang sudah diungkep selama satu hari. Tidak lupa dicampur sedikit dengan beras kencur. Akhirnya terciptalah larutan kunyit segar siap minum.
Tukang jamu asal Kediri, Rini menjadikan kunyit sebagai dagangan andalan di gerobak motor jamu keliling miliknya. Dengan harga Rp,1,000 sampai Rp,2,000 maka masyarakat bisa menikmati segelas segar larutan kunyit alami ala.
“khasiat kunyit itu macam-macam, bisa buat panas dalam, mengeluarkan sekaligus mencuci organ-organ dalam tubuh, dan kadang bisa juga dikatakan untuk mencuci darah didalam tubuh jika diminum rutin pagi dan malam hari,” kata Rini mencoba menerangkan dengan gayanya sendiri kepada CND yang juga sedang menikmati segelas larutan kunyit buatannya.
Untuk menambah solusi sehat alami, larutan kunyit bisa dicampur dengan larutan hitam pekat yang berasal dari akar putro wali, biasa disebut paiten. Khasiat paiten itu sendiri sejatinya untuk solusi pencegahan malaria.
“keadaan negara sedang sulit, tapi jika tubuh kita sehat maka kita bisa fokus bekerja atau berusaha setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,” jelas Rini menutup pembicaraan.
——————————————————–
Jumat, 22 Mei 2015
Jurnalis      : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor        : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...