Sudirman Said: Penyesuaian Harga BBM Dilakukan Tiga Bulan Sekali

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said
CENDANANEWS (Jakarta) – Pemerintahan Jokowi -JK tak kunjung reda memainkan harga bahan bakar minyak (BBM). Bahkan sudah beberapa kali menaikkan, kini pemerintah kembali akan mengevaluasi harga BBM.
Harga minyak dunia pada Sabtu (30/5/2015) pagi masih naik dengan patokan harga Amerika Serikat, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate pengiriman Juli naik 2,62 dolar AS menjadi ditutup pada 60,30 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.
“Kami akan menetapkan penyesuaian harga BBM selama tiga bulan sekali agar harganya stabil dan tidak menyusahkan masyarakat,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Jakarta, Minggu (31/5/2015).
Sudirman mengatakan pemerintah masih membutuhkan waktu untuk mencermati dan menganalisis pergerakan harga minyak dan berencana menetapkan standar penyesuaian harga BBM bulan November.
“Kami perlu mengamati pergerakan harga minyak, November nanti mungkin sudah bisa diberlakukan,” kata dia.
Pemerintah akan menetapkan harga terendah dan harga tertinggi BBM. Ketika harga dasar minyak lebih rendah dari harga terendah yang telah ditetapkan, selisihnya akan menjadi dana kontribusi saat harga dasar minyak lebih tinggi dibandingkan harga tertinggi yang ditetapkan.
Patokan harga Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman bulan Juli melonjak 2,98 dollar AS menjadi di 65,56 dollar AS per barel.
——————————————————-
Minggu, 31 Mei 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Fotografer : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...