Sumbar Talenta Promosikan Ranah Minang ke Aljazair

Penampilan Sumbar Talenta di Aljazair [Foto: Istimewa]
CENDANANEWS (Padang/Aljazair) – Sumatera Barat tengah mempromosikan budayanya hingga kawasan Timur Tengah, Aljazair contohnya. Melalui Sumbar Talenta di bawah binaan Sastri Bakry, rombongan yang membawa misi pariwisata Ranah Minang itu tampil di Palais De La Culture Mohamed Laid El Khalifa di Constantinopel Aljazair.
Mereka menampilkan sejumlah kesenian khas ranah minang, mulai dari tarian hingga randai pada Selasa (5/5/2015) waktu setempat. Dalam relis yang diterima cendananews, Sastri Bakry menyebutkan bahwa ia beserta rombongan juga mengunjungi situs romawi kuno di Timgad Provinsi Batna (429 M).
“Situs ini luar biasa indahnya, dan juga memiliki gedung teater terbuka berkapasitas 10.000-an orang. Panggung akustik berada di lantai kaki,” tulis relis yang cendananews terima Rabu (6/5/2015).
Penampilan di  gedung kebudayaan Mila dan Palais de la Culture Mohammed El Khalifa Constantin tersebut, sebelumnya telah dipersiapkan oleh  Sumbar Talenta. Mereka  melakukan pementasan outdoor Taman Wisma Duta dalam acara bussiness meeting yang dihadiri oleh travel agent, jurnalis dan pengusaha yang ada di Aljazair.
“Meski taksampai 200 orang yang hadir, namun souvenir, rendang, songket, VCD Sumbar Talenta habis terjual.  Apreasiasi masyarakat Aljazair terhadap kesenian sangat luar biasa,” lanjut  Sastri Bakry dalam rilis tersebut.
————————————————-
Rabu, 6 Mei 2015
Jurnalis : Muslim Abdul Rahmad
Editor : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...