Tarif Mahal, Objek Pariwisata TNGR Sepi Pengunjung

Beberapa warga nampak asik mandi di bawah guyuran air terjun jeruk manis, Kabupaten Lombok Timur NTB
CENDANANEWS (Lombok Timur) – Tarif baru yang diberlakukan pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di sejumlah objek pariwisata, terutama yang masuk dalam kawasan Geopark Rinjani, dinilai mahal oleh pengunjung. Hal tersebut juga diduga menjadi penyebab menurunnya tingkat kunjungan.
Pengelola air terjun Jeruk Manis, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB), Sarif mengatakan, semenjak perberlakukan baru karcis masuk di beberapa objek pariwisata yang dikelola TNGR, jumlah pengunjung mengalami penurunan terutama wisatawan mancanegara.
“Terjadi penurunan pengunjung semenjak pemberlakuan tarif baru tersebut, terutama pada hari biasa,” kata Sarif di Lombok Timur, Minggu (17/5/2015).
Disebutkan, dulu sewaktu tarif sebesar 2.500 bagi masyarakat lokal dan 20 ribu bagi wisatawan, jumlah Wisatawan luar dalam sebulan hanya mencapai 100 orang, sementara dari masyarakat lokal jumlahnya bisa mencapai jumlah di atas 100, itupun kalau sedang libur panjang, sekarang jumlahnya jauh menurun drastis, antara 50 sampai 70 orang setiap bulan.
“Untuk masyarakat lokal dikenakan karcis masuk sebesar 20 ribu, sementara bagi wisatawan asing, dikenakan karcis masuk sebesar 150 ribu rupiah ,”katanya.

Sementara itu, Iwan pengunjung air Terjun Jeruk Manis asal Desa Surelage, Kabupaten Lombok Timur mengatakan, pemberlakuan tarif baru yang dikenakan pihak TNGR sebagai pengelola dinilai terlalu mahal dan memprediksi akan semakin membuat sejumlah objek pariwisata yang masuk dalam kawasan TNGR akan semakin sepi pengunjung.
“Dengan tiket murah yang dulu saja, masyarakat lokal dan wisatawan, yang datang berkunjung masih sedikit, apalagi dengan tarif lebih mahal, pengunjung bisa sepi dan itupun pas hari libur, bagaimana dengan hari lain, saya yakin akan bertambah sepi,”katanya.
———————————————————- 
Minggu, 17 Mei 2015
Jurnalis      : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor        : ME. Bijo Dirajo
———————————————————-
Lihat juga...