Terkendala Anggaran, Aktivitas Panwaslukada Mabar Terancam Lumpuh

Ketua Panwaslukada Manggarai Barat, Fidelis Santi, ST
CENDANANEWS (Flores) – Rencana keikutsertaan Kabupaten Mabar (Manggarai Barat), NTT dalam perhelatan Pemilukada serentak pada Desember tahun 2015 ini, hingga kini masih menjadi persoalan serius di tubuh Panwaslukada (Panitia Pengawas Pemilukada) daerah tersebut.
Ketua Panwaslukada Kabupaten Manggarai Barat, Fidelis Santi di ruang kerjanya mengatakan, belum cairnya Anggaran Pilkada untuk aktivitas Panwaskada Manggarai Barat telah membuat aktivitas lembaga yang dipimpinnya terancam lumpuh.
Pihaknya, demikian Fidelis, belum bisa melaksanakan tugas secara maksimal terkait dengan persiapan dan pelaksanaan Pilkada Manggarai Barat tahun 2015 ini selagi Anggaran dana operasional lembaganya belum dicairkan oleh pihak Pemerintah Daerah.
“Kami sudah berkali-kali ke Kabid Anggaran, tetapi jawabannya selalu sama. Nanti dan nanti,” jelasnya, Kamis (28/05/2015).
Hal lain yang juga diakui Fidelis menjadi persoalan adalah terkait dengan realisasi Anggaran yang terlampau kurang. Pasalnya, total dana yang dikabulkan oleh Pemerintah Daerah untuk urusan operasional Panwaskada dalam Pilkada tahun 2015 ini adalah Rp 1 miliar.
Jumlah ini jauh dari target anggaran Panwaskada.”Yang kami proposalkan berdasarkan rasionalisasi anggaran sebenarnya Rp 5 miliar. Tetapi Kabid Anggaran hanya menjawab Rp 1 miliar,” terang Fidelis.
Terkait dengan belum dicairkannya Anggaran untuk Panwaskada Mabar oleh pihak Pemda, diakui Fidelis, membuat lembaganya antara lain belum memiliki kantor sekretariat. “Kami mohon maaf kepada teman-teman yang selama ini mungkin mencari kantor sekretariat Panwaskada, tapi tidak dapat,” ujarnya.
Pantauan Cendananews, tampak aktivitas kesekretariatan lembaga ini memang masih dilakukan di rumah pribadi Ketua Panwaskada.
Kepada Cendananews, Fidelis mengakui, pihaknya telah mengultimatum Kabid Anggaran mengenai jatuh tempo eksekusi pencairan Anggaran. “Saya sampaikan kepada Kabid Anggaran kemarin, tanggal 30 Mei ini, harus sudah ada eksekusi pencairan Anggaran. Kalau tidak bisa, ya mungkin kita tunda saja pilkadanya,” pungkasnya mengulang pernyataan kepada Kabid Anggaran.
——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...