Tim Aeromodelling Malang Lakukan Persiapan Jelang Porprov

Aeromodeling Malang gelar latihan jelang Porprov di Lapangan Rampal

CENDANANEWS (Malang) – Team Aeromodelling kota Malang melakukan persiapan menjelang Porprov di banyuwangi yang akan digelar pada 6 – 13 Juni 2015. Persiapan tersebut diantaranya perakitan dan pengaturan pesawat agar bisa terbang sesuai dengan yang diharapkan.
“Selain berlatih setiap hari Sabtu dan Minggu, kami merakit pesawat dan juga mengeset pesawat agar pesawat nantinya bisa terbang sesuai dangan yang diharapkan,”kata salah satu atlit Aeromodelling, Catur saat latihan di Lapangan Rampal bersama lima temannya, Sabtu (16/5/2015).
Tim Aeromodelling Kota Malang sebelumnya sudah pernah mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Lamongan.
“Alhamdulillah kami berhasil membawa pulang 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu,”ungkapnya.

Disebutkan, pesawat-pesawat yang digunakan ini dibuat sendiri dari kayu Sengon, fiber dan juga kertas singkong. Terdapat 2 model yaitu Glider A2 yang memiliki permukaan 32-34 dm² dan beratnya tidak boleh kurang dari 410 gram. Model yang ke dua yaitu Glider A1 yang memiliki luas permukaan 18 dm dan berat minimum 220 gram. 
“Panjang tali untuk menarik pasawat antara 33-50 meter,” jelasr Catur.
Untuk menerbangkan pesawat dibutuhkan 2 orang, yang pertama untuk memegang dan melepas pesawat dan orang yang kedua yaitu yang mempunyai tugas menarik tali dan menerbangkan pesawat. Pesawat juga dilengkapi sumbu yang befungsi sebagai timer agar pesawat bisa turu.
Catur berharap, dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi nantinya dia dan juga teman-temannya bisa membawa pulang banyak tropi seperti Kejurda di Lamongan.  
Aeromodelling merupakan salah satu cabang olahraga dirgantara dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Aeromodelling juga merupakan salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON). 

Untuk bisa menjadi Aeromodeller (sebutan bagi orang yang berkecimpung dalam olahraga Aeromodelling), harus mengetahui, mengerti dan menguasai dasar ilmu seperti aerodinamika, ilmu gaya, fisika dan lain sebagainya.
———————————————————- 
Sabtu, 16 Mei 2015
Jurnalis      : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor        : ME. Bijo Dirajo
———————————————————-
Lihat juga...