Tingkatkan Kesan, Komotra Bali Hiasi Dengan Warna dan Keramahan

Koperasi Mobil Transport
CENDANANEWS (Denpasar) – Barisan mobil berwarna-warni bernama Komotra di gapura utama pantai Kuta berfungsi sebagai angkutan wisata yang menghubungkan antara Terminal Bus wisata sentral parkir di jalan Patih Jelantik dengan pantai kuta.
Koperasi Mobil Transport atau Komotra merupakan solusi transport bagi kebanyakan wisatawan lokal yang datang ke Bali. Transportasi wisata penghubung yang memiliki kapasitas tempat duduk untuk 20 orang ini merupakan gabungan dari pemilik-pemilik kendaraan yang bergabung dalam satu wadah agar tercipta keteraturan untuk kemudian sama-sama mengais rejeki di pantai kuta.
Zainun, pengelola, dan koordinator Komotra menjelaskan selama dua puluh tahun berdiri, tidak pernah ada kendala di lapangan. Bahkan mereka semua merasa semakin maju dan memiliki keterikatan emosional yang sangat kuat untuk bersama-sama menjalankan Komotra semakin baik lagi kedepannya.
” kami memiliki aturan yang jelas, etika yang tegas antar sesama pemilik kendaraan yang bernaung di bawah bendera Komotra,” ungkap Pria asal Jawa Timur ini.
Travel agent adalah pihak yang berhubungan dengan Komotra. Mereka yang mengatur perjanjian antar-jemput dan pembayaran. Bus wisata berisi wisatawan masuk ke Terminal bayangan Sentral parkir, kemudian Komotra akan membawa para wisatawan tersebut ke pantai Kuta. Setelah selesai berwisata di pantai Kuta, Komotra kembali membawa mereka kembali ke Bus Wisata yang mereka tumpangi sebelumnya di Sentral Parkir.
Masing-masing awak Pengemudi Komotra mendapatkan jatah dua Trip perjalanan. Satu trip terhitung dua kali yaitu antar dan jemput, jadi total dalam dua trip mereka melakukan empat kali perjalanan. Setelah selesai, masing-masing Pemilik mobil bisa membawa pulang 200,000 rupiah bersih sudah terhitung bensin.
Wayan, seorang pengemudi Komotra memberikan nada positif mengenai cara mereka menjalankan bisnis angkutan wisata ini. Dia dan teman-temannya tidak perlu takut tidak dapat penyewa, karena semua sudah diatur pihak pengelola Komotra.
” ibarat menjadi pegawai kantoran, masing-masing sudah di bagi tugas, manajemen Komotra bertugas mencari penyewa dan kami yang bagian antar-jemput. Dan sejauh ini semua lancar, kami berharap keadaan ini tetap berjalan seperti ini, dan semoga wisatawan semakin merasa nyaman dengan pelayanan kami,” sambung Wayan dengan mantab.
Wisatawan Lokal adalah pangsa pasar penumpang terbesar yang menggunakan jasa Komotra, hal ini dikarenakan para wisatawan asing biasanya sudah ditangani masing-masing hotel tempat mereka menginap.

Andri Hidayat, pelajar asal Malang menunjukkan apresiasi positif mengenai Komotra, ia merasa nyaman dengan keramahan pemandu wisata berikut pengemudi Komotra, hanya saja dia berharap armada bisa ditambah agar tidak terlalu lama menunggu giliran.
Dia mengharapkan semoga Komotra semakin maju dan mempertahankan pelayanannya selama ini. Karena keramahtamahan dalam menangani tamu merupakan andalan Bali untuk bisa terus mempertahankan reputasinya sebagai salah satu destinasi wisata sekaligus penyedia jasa pelayanan wisata terbaik di dunia.
————————————————-
Minggu, 10 Mei 2015
Jurnalis : Miechell Koagouw
Foto     : Miechell Koagouw
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...