Wagub NTB Minta Bupati Lebih Kreatif Kelola Potensi Daerah

Rakornas Penanggulanganan kemiskinan di kantor Gubernur NTB
CENDANANEWS (Mataram) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), M. Amin meminta kepada Kepala Daerah di Kabupaten Kota NTB dalam menjalankan program pembangunan, terutama program untuk penanganan masalah kemiskinan tidak hanya mengandalkan Anggara Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semata, melainkan juga bisa lebih kreatif menggali potensi yang ada di daerah.
Hal tersebut dikatakan Amin saat membuka acara Rapat Kordinasi (Rakornas) penanganan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kota NTB, yang dihadiri sejumlah Bupati dan Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan aktivis NGO pemerhati kemiskinan di kantor Gubernur NTB,  Rabu (6/5/2015).
“Kalau Bupati dan Walikota dalam menjalankan sejumlah program pembangunan yang dicanangkan hanya mengandalkan anggaran yang didapat dari APBD, terutama program penanganan masalah kemiskinan, tentu tidak akan bisa mencukupi, mengingat jumlahnya sangat terbatas,”katanya. 
Karena itu, kata Amin, selain dari APBD mapun APBN yang digelontorkan pemerintah pusat, Bupati dan Walikota semestinya juga memanfaatkan berbagai potensi yang ada di daerah seperti sektor pariwisata secara lebih kreatif sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah dalam membantu menjalankan berbagai program pembangunan yang dicanangkan, termasuk program pengentasa kemiskinan bagi masyarakat.
Amin mengatakan, tantangan pemerintah terbesar sekarang ini, baik pemerintah pusat maupun daerah adalah terkait masalah pengentasa kemiskinan dan pengangguran yang selain membutuhkan kerja keras anggaran tidak dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan, juga harus ditopang dengan kemampuan SDM dan pengelolaan berbagai potensi yang ada di daerah.
————————————————-
Rabu, 6 Mei 2015
Jurnalis : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...