Warga di Kawasan Andalas Keluhkan Pembongkaran Tanpa Ganti Rugi

Pembongkaran Bangunan yang melanggar Perda
CENDANANEWS (Padang) – Bangunan di sepanjang jalan Andalas yang dianggap  melanggar Perda Nomor  11 tentang pembangunan di atas riol dan mengganggu jalan dibongkar Pemerintah Kota (Pemko), Rabu (27/5/2015) pagi. Dibawah komando Camat Padang Timur Racmadeny Dewi Putri, puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi, dan TNI  membongkar bangunan dan lapak.
Untuk hari ini, puluhan aparat yang diturunkan tersebut, mendapat kecaman dari warga sekitar. Beranda mereka juga dianggap melanggar, padahal bangunan dan rumah mereka memiliki sertifikat tanah.
Isnawati (55), Warga Andalas, Kecamatan Padang Timur ini. Kesal dan menahan aparat agar tidak membongkar beranda rumahnya. Sebab beranda dengan rangka rumah setali, sehingga jika beranda dihancurkan maka rumahnya akan roboh.
“Biar kami yang membongkarnya nanti, jangan pak. Biar kami sewa tukang untuk membongkarnya,” ujar Isnawati pada anggota Sat Pol PP, Rabu (27/5/2015) pagi.
Mendengar hal tersebut, para aparatpun meninggalkan bangunan Isnawati.
“Kami biarkan, karena ada beberapa bangunan yang tidak bisa dibongkar karena harus mengggunakan jasa tukang,” ujar Camat Padang Timur, Racmadeny Dewi Putri.
Seusai ditinggalkan Aparat, Isnawati mengeluhkan penggusuran yang tidak ada ganti ruginya ini. Ia bersama keluarga telah menetap dan membeli tanah di Jalan Andalas itu sejak 30 tahun lebih.
“Kami memiliki sertifikat tanah, sudah sejak tahun 1978 kami menempati rumah ini. Lalu sekarang kami digusur, tanpa ada ganti rugi sepeserpun,” jelas Isnawati pada cendananews, Rabu pagi.
Isnawati memang sudah diperingatkan oleh pemko padang sebanyak dua kali. Namun ia tidak mengambil tindakan melakukan pembongkaran sendiri, sebab tidak dijelaskan tentang ganti rugi dan hal lainnya.
“Kami memang disurati sebanyak dua kali, tapi didalam surat itu tidak ada pemberitahuan tentang ganti rugi. Kami tidak mampu berbuat apalagi, digusur tanpa ada kejelasan ganti rugi,” pungkas Isnawati.

——————————————————-
Rabu, 27 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...