Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pelni Balikpapan Tambah Satu Armada

Loket penjualan tiket kapal laut
CENDANANEWS (Balikpapan) – Antisipasi lonjakan pemudik melalui Pelabuhan Semayang, PT Pelni (Persero) Balikpapan menambah satu angkutan mudik Lebaran dan frekuensi menjadi lima kali keberangkatan. 
“Ya ada penambahan satu armada sekaligus menambah frekuensi keberangkatan utamanya rute Surabaya,” jabar General Manager PT Pelni Cabang Balikpapan Nawawi Kamarullah saat dijumpai diruang kerjanya. 
Nawawi
Nawawi optimis dengan penambahan armada dan volume keberangkatan dapat menambah volume penumpang angkutan laut sekitar 5 persen dari realisasi tahun sebelumnya. “Ada kecenderungan penumpang selalu naik tapi memang tidak terlampau besar karena masih didominasi maskapai,” ungkapnya, Senin (8/6/2015).
Dipilihnya rute Surabaya karena menjadi kantong mudik utama setelah Makassar dan Pare Pare. Selain itu, kapasitas penumpang dari masing-masing kapal sebanyak 2.500 penumpang. Total mudik dibuka 5 kali keberangkatan ke Surabaya. 4 kali dengan kapal penunjang KM Labobar dan 1 kali kapal reguler yakni KM Dorolonda. 
Nawawi menyebutkan tiket ke Surabaya dibandrol Rp424 ribu. Sedangkan Makassar dan Pare Pare dijual masing-masing Rp214 ribu dan Rp190 ribu. Khusus untuk tujuan Makassar dan Pare Pare dan wilayah timur lainnya perseroan menurunkan KM Bukit Siguntang dan KM Dorolonda. 
Untuk kenyamanan selama perjalanan, pihaknya menegaskan tidak lagi melayani pembelian Go Show atau membeli tiket saat hari berangkat. Tiket tersedia sesuai kapasitas. “Kalau seat masih ada penjualan masih kami buka kalau habis tentu tidak kami layani. Jadi sejak Desember lalu kami sudah menerapkan pembelian tiket jauh hari sebelum keberangkatan, nah dengan diterbitkannya jadwal mudik hingga arus balik kami berharap masyarakat bisa menyiapkan diri,” serunya.
Apalagi lebih dari 23 travel agent tersebar di seluruh Kaltim melayani penjualan tiket. Ia juga mengingatkan, tiket harus sesuai dengan identitas karena pemeriksaan calon penumpang jelang keberangkatan semakin diperketat sekalipun peak season Lebaran mendatang. Itu juga sekaligus menutup ruang oknum calo. “Jadwal sudah tersedia, tiket bisa dijangkau di mana saja, tidak ada lagi alasan bagi calon penumpang untuk Go Show apalagi beli melalui calo karena yang dirugikan juga penumpang. Dan harganya sudah tentu mahal,” imbuhnya. 
——————————————————-
Senin, 8 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...