Awal Ramadan, Okupansi Hotel di Balikpapan Menurun

Salah satu kamar hotel di Balikpapan
BALIKPAPAN – Memasuki awal bulan Ramadan penurunan siklus isian kamar biasa terjadi di Kota Balikpapan. “Ramadan memang ada tren penurunan okupansi. Terutama 10 hari pertama,” ungkap Executive Asisten Manager Hotel Pacific Amelda Ahdalia Sari.
Menurut Amel, diawal Ramadan penurunan okupansi dari reguler. Namun dipertengahan Ramadan okupansi kembali normal. Penurunan okupansi akan kembali terjadi di akhir Ramadan. Kondisi ini karena penduduk kota yang mayoritas pendatang, mendorong tingginya angka pemudik. Alhasil, seluruh kegiatan bisnis pun ikut terhenti.
Saat ini, tingkat isian kamarnya hanya berkisar 30 persen dari total 199 kamar yang disediakan. Normalnya, terisi 60 persen. “Sebenarnya itu juga belum normal karena belum pulih benar, sebelum ada kebijakan okupansi kami bisa 80 persen. Justru sekarang kami lagi proses menghimpun kembali tapi karena siklus Ramadan sudah seperti ini kami coba dengan strategi lain,” terangnya, Selasa (23/6/2015).
Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan penjualan Food and Beverage melalui program buka puasa bersama dengan segmen corporate. Kegiatan tersebut ramai digelar saat pertengahan Ramadan. Selain itu, apalagi kalau bukan penawaran diskon menginap.
Menanggapi penurunan tamu hotel selama Ramadan hingga Lebaran mendatang Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPC Kota H Oo Wasro Satori mengakui adanya penurunan okupansi. Namun khusus hotel yang berdekatan dengan bandara akan ramai terkait mudik lebaran. “Khusus hotel yang dekat dengan bandara biasanya akan ramai saat mudik karena calon penumpang dengan jadwal keberangkatan yang agak lama akan memilih beristirahat di hotel terdekat,” paparnya.
Ia optimis saat hari raya, isian kamar hotel menanjak seiring tingginya jumlah wisatawan asal Samarinda dan kota lain di Kaltim yang hendak berekreasi di Kota Balikpapan atau pun bersilahturahmi. “Itu terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Mudah-mudahan Lebaran tahun ini tamu hotel kembali padat,” tambahnya. 
——————————————————-
SELASA, 23 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...