Awal Ramadhan, Harga Berbagai Macam Kue Naik di Balikpapan

Pusat penjualan ramadhan di Pandansari
BALIKPAPAN – Sejumlah pedagang kue tradisional di beberapa titik pasar Ramadan di Balikpapan memastikan harga kue tradisional naik selama Ramadan. “Sebelum Ramadan kita jual Rp5 ribu 4 biji kue atau Rp1.250 per kue, Ramadan paling tidak harga Rp1.500, itu yang paling murahnya,” kata Asnah pedagang kue tradisional di pusat penjualan kawasan Pandansari.
Naiknya harga bahan baku jadi pemicu utama. Tidak terkecuali kenaikan harga sewa lapak. Namun mengacu harga kue tradisional edisi Ramadan lalu, nyaris tidak mengalami perubahan.
Meski harga lebih mahal dari reguler, ia memastikan penjualan tetap melesat. “Terutama minggu pertama dan terakhir, berapapun kue yang kita sediakan pasti habis. Tapi kalau pertengahan kadang sepi,” ucap ibu 3 anak ini. Adapun penjualan hari biasa juga didominasi kalangan rumah tangga. “Terkadang juga untuk hajatan. Terutama malam Jumat, permintaan selalu tinggi, ada untuk pengajian dan lainnya,” papar wanita yang menyediakan lebih dari 10 jenis jajanan tradisional.
Ketatnya persaingan ikut mempengaruhi volume jual. Maklum, kemunculan pedagang musiman tidak terelakkan saat Ramadan.
Terkait kenaikan harga juga dibenarkan sejumlah pedagang kue tradisional Pasar Ramadan di Kilometer 3,5 jalan Soekarno Hatta. “Ramadan jelas harga kue naik dari sebelumnya. Kalau ditanya berapa naiknya harga bahan baku,” ungkap pedagang setempat Lilis.
Namun para pedagang tak menampik, angka penjualan saat Ramadan naik 100 persen dari hari biasa. “Terutama kue manis,” ujarnya.
Naiknya harga kue ternyata tidak mempengaruhi warga untuk membeli kue pembuka di Pasar Ramadan. Hal ini terlihat dari padatnya warga mendatangi pasar ramadan di Balikpapan. 
——————————————————-
KAMIS, 18 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...