Bangun Pusat Rehabilitasi, Pemda NTB Hibbahkan 8 Hektar Lahan

Kepala BNN RI, Anang Iskandar bersama Gubernur NTB saat menandatangani berita acara pelantikan Kepala BNN NTB di kantor Gubernur NTB
MATARAM – Kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba di NTB dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya berlansung dan dilakukan kelompok masyarakat dengan kelas ekonomi tinggi, melainkan juga sudah merambah sampai masyarakat biasa dari kalangan bawah.
“Kasus penyalahgunaan narkoba di NTB, kalau ditanya, sudah pasti ada dan sudah berlansung lama, tidak hanya dilakukan masyarakat dengan kelas ekonomi tertentu, melainkan juga menimpa masyarakat biasa juga, pilihannya sekarang, apakah kita harus tutup mata atas kasus tersebut atas nama pencitraan atau melakukan gerakan bersama memerangi narkoba,” kata Gubernur NTB, Zainul Majdi di Mataram saat melantik Kepala BNN NTB, Selasa (23/6/2015).
Karena itulah sebagai komitmen dan keseriusan dalam upaya mendukung gerakan bersama memerangi penyalahgunaan narkoba, Pemda NTB menghibbahkan lahan seluas 8 hektar are sebagai lokasi pembangunan pusat rehabilitasi dan pengobatan masyarakat korban penyalahgunaan narkoba.
Dikatakannya, fenomena penyalahgunaan narkoba yang berlansung di tengah masyarakat selama ini, memerangi narkoba tidak bisa dilakukan instansi atau lembaga tertentu termasuk oleh pemerintah semata, tapi harus melibatkan banyak orang, sinergisitas bersama memerangi narkoba.
“Lebih penting lagi, memerangi dan memberantas masalah narkoba tidak bisa hanya dilakukan di tingkat hilir saja, tapi harus dimulai dari, kalau bagian hulu sudah bersih, penanganan di tingkat hilir akan mudah dilaku,” katanya.
Lebih lanjut Majdi mengatakan karena itu sebagai wujud dan komitmen memulai pemberantasan narkoba dari hulu, pemda NTB telah melaksanakan tes urin kepada semua pejabat dan PNS lingkup Pemprov NTB, tanpa terkecuali Gubernur dan wakil Gubernur NTB.
“Percuma berbicara pemberantasan narkoba, kalau kita sndiri tidak bersih dari narkoba,” ungkapnya.
Terpisah Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Anang Iskandar berharap dengan adanya dukungan dari Pemda NTB, peran serta dan partisipasi masyarakat, diharapkan penanganan maslah penyalahgunaan narkoba di NTB bisa diperangi dan diminimalisir.
——————————————————-
SELASA, 23 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...