Baru 54 Persen Masyarakat Kota Jayapura Miliki e-KTP

CENDANANEWS (Jayapura) – Tingkat kesadaran masyarakat Kota Jayapura belum seratus persen dalam pembuatan e-KTP di ibukota provinsi Papua. Ini terbukti dari 491.068 jiwa penduduk yang ada, sekitar 54 persen yang telah memiliki e-KTP, sedangkan sisanya masih tanda tanya. 
Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengatakan persentase yang didapat itulah mengharuskan pihak pemkot Jayapura lakukan sikap tegas. Salah satunya pemkot terus gencar melakukan razia dan menindaknya dengan tegas.
“Orang yang tinggal di kota Jayapura harus jelas, kadang-kadang yang tidak jelas itu, selalu membuat ulah di kota ini, jadi yang tidak ada e-KTP akan ditertibkan,” kata Benhur di Kota Jayapura, Sabtu (13/06/2015). 
Dijelaskan Benhur, razia yang diambil pemkot salah satu tindakan dan sosialisasi kepada masyarakat yang masih belum tumbuh kesadaran mereka bahwa pentingnya memiliki identitas diri e-KTP. 
“Di tahun ini ada 7 kali razia, jelang hari raya idul fitri 3 kali, wilayah Japut, Japsel, Abe, juga di pelabuhan 2 kali serta kos-kosan dan asrama-asrama mahasiswa,” tegasnya. 
Selain itu, menurutnya, pelaku usaha yang memepekerjakan karyawannya dari luar Kota Jayapura, wajib mengikuti aturan yang ada di wilayah administrasi yang di pimpinnya. 
“Para pemilik usaha yang pekerjakan orang, juga akan di panggil agar kami tahu, apakah yang dipekerjakan telah memiliki e-KTP atau tidak, atau yang hanya miliki KTP Nasional saja, tapi tetap itu kami tarik dan akan buatkan e-KTP,” ujarnya. (Indrayadi) 
Lihat juga...