Bayi kembar Lima hasil Inseminasi Tunjukan Perkembangan Baik

SURABAYA – Bayi kembar lima hasil inseminasi buatan yang dilahirkan Jumat lalu RSUD dr. Soetomo Surabaya mengalami peningkatan yang baik. Hal ini bisa dilihat dari asupan nutrisi yang diserap, serta kondisi bayi secara keseluruhan.
Menurut dr. Martono Tri Utomo salah satu tim dokter, bayi kembar lima mulai menunjukkan hal positif. Seperti minum ASI sudah mulai kuat, yang awalnya 2cc per hari, meningkat menjadi 4cc per hari dan sekarang sudah 5cc per hari.
“Hal ini membuat kebahagiaan tersendiri bagi keluarga maupun tim dokter. Bayi kembar lima kondisinya semakin membaik. Bayi kembar lima ini bisa dibawa pulang asalkan berat badannya sudah mencukupi minimal 2,5 kg.” Ujarnya di Surabaya, Kamis (25/6/2015).
Sedangkan menurut dr. Agus Harianto selaku ketua tim dokter, membuat situasi inkubator seperti dalam rahim, bayi dapat mendengarkan bisikan dari ibunya. 
“Bayi diperdengarkan mp3 musik, maupun ayat suci Al-Qur’an sejak tiga hari lalu. Bayi mendengar dan merespon terhadap suara yang diperdengarkan, dengan gerak-gerak.” Kata dr. Agus.
Bayi kembar lima masih masa transisi dalam 7-28 hari sehingga membutuhkan pengamatan khusus. Bayi dapat dibawa pulang tetapi harus cukup bulan sekitar 40 minggu.
Selain memantau bayi, tim dokter juga memantau kondisi ibu bayi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pendarahan atau robeknya bekas operasi dan lain sebagainya. Tidak hanya bayi namun ibu bayi juga harus terawat kondisinya.
Antusiasme masyarakat sangat luar biasa, bayi kembar lima ini mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak. Salah satunya dr. Dodo Anondo selaku kepala RSUD dr. Soetomo.
Menurutnya, masyarakat Indonesia terutama di Surabaya, Jawa Timur jangan meragukan kualitas dari RSUD dr. Soetomo terutama Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah terakreditasi dan menjadi rumah sakit rujukan nasional sejak Oktober 2014. 
“SDM kami telah teruji dengan proses inseminasi yang berhasil melahirkan bayi kembar lima. Hal ini bisa menjadi kemajuan yang luar biasa bagi RSUD dr. Soetomo”. Ujarnya di depan awak media.
Selain pengawasan yang ketat terhadap kelima bayi, tentunya harus ada perbaikan gizi salah satunya kelima bayi ini sudah mengalami peningkatan minum ASI.
Selain kunjungan dari Kepala RSUD dr. Soetomo, bayi kembar lima ini juga mendapat kunjungan dari DPD RI, Ahmad Nawardi.
Kedatangannya ingin memberikan ucapan selamat kepada kedua orang tua bayi. Dan ucapan bangga bagi tim dokter yang telah berhasil dalam inseminasi.
“Untuk mendapatkan bayi, mereka (Hari dan Nia) berusaha terus. Akhirnya dengan inseminasi buatan mereka mendapat anugerah yang luar biasa. Ingin mendapatkan satu bayi, malah mendapatkan lima bayi.” Jelasnya.

——————————————————-
KAMIS, 25 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...