Belum Setahun Dibangun, Jembatan Wae Tibong NTT Terancam Roboh

CENDANANEWS (Flores) — Pembangunan Jembatan Wae Tibong di Desa Jaong, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, masih menyisakan persoalan. Baru selesai dibangun pada bulan Januari (2015) lalu, jembatan tersebut kini sudah rusak dan terancam roboh.
Warga menilai, jembatan tersebut dibangun terlalu buru-buru. “Mereka baru lanjut bangun persis waktu mau akhir masa kerja, sehingga mereka buat asal jadi. Kerja kurang perhati,” tutur seorang warga Desa Jaong, Rafael Jerubu, Minggu (14/06/2015).
Rafael khwatir, masih bermasalahnya pembangunan Jembatan Wae Tibong bisa menghambat pengaspalan Jalan Golonderu-Purang dan pembangunan Jembatan Wae Nuling, yang pasalnya dijanjikan Bapak Bupati Manggarai, Christian Rotok, akan dikerjakan tahun 2015 ini.
Rafael berharap, pemerintah bisa benar-benar memperhatikan kerja kontraktor. “Saya mohon, pemerintah perhati benar-benar kerja kontraktor. Karena kepercayaan sudah diberikan kepada kontraktor,” harapnya.
Sekarang Jembatan Wae Tibong, kata Rafael, masih dalam masa pemeliharaan. “Masa pemeliharaan ini hendaknya dibatasi secara tegas. Yang rusak segera diperbaiki. Hasilnya kemudian diserahkan secara utuh kepada pemerintah,” ungkapnya.
Pantauan Cendananews, tembok penahan pada salah satu sayap jembatan tampak sudah retak dan bahkan roboh. Hal ini karena fondasi tembok langsung dibangun di atas tanah tampung yang masih labil.
Diduga, proyek jembatan ini tidak dikerjakan secara tuntas. Pada daerah aliran sungai di bagian bawah jembatan terlihat dibiarkan seperti bendungan.  Akibatnya, fondasi dan tembok penahan  terus terkikis air dan terancam retak. Juga banyak material kayu dan bebatuan akhirnya tertumpuk di sini.
Kayu-kayu stelen juga masih terlihat menggantung dan belum dibongkar. Pada bagian lain, salah satu tikungan menuju jembatan terlihat sangat tajam akibat bentuk bangunan jembatan yang dibuat asal jadi. Padahal ruang masih tersedia sangat luas untuk membuatnya secara lebih layak. (Fonsi)
Lihat juga...