BPS Balikpapan Mutakhirkan Data Penerima Bantuan Sosial

BPS Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) rumah tangga sasaran (RTS) atau keluarga miskin (Gakin) mulai dilaksanakan Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan. Pasalnya proses pemutakhiran data akan berbeda dengan proses penghimpunan data tahun 2011 lalu. 
Menurut Kepala BPS kota Balikpapan Nur Wahid, proses pemutakhiran data dibagi dua tahap kegiatan. Diantaranya mendiskusikan data dengan ketua RT, tokoh masyarakat, kelurahan juga kecamatan melalui forum konsultasi publik (FKP) dan verifikasi data dengan meninjau ke masing-masing RTS.
“Dalam FKP masing-masing dimintai pendapat apakah data yang ada sekarang layak karena bisa saja yang bersangkutan sudah pindah tempat tinggal, meninggal dunia dan lainnya,” jabarnya, Senin (1/6/2015). 
Kemungkinan lainnya adanya usulan RTS baru dari peserta FKP yang menurutnya layak. Dari situ, para RT dan tokoh masyarakat beserta peserta FKP lainnya memiliki kewenangan untuk memilih RTS yang paling tepat untuk memperoleh Kartu Perlindungan Sosial.
Kewenangan lainnya mencoret rumah tangga yang pindah atau meninggal. Data yang akan disasar petugas dalam program pendataan PBDT antara lain meliputi kepemilikan perumahan, kepemilikan aset, kesehatan dan pendidikan. Pendataan dilakukan 213 mitra statistik. 
Berdasarkan data yang dihimpun tahun 2011 sebanyak 27.091 RTS dalam perjalanannya bertambah menjadi 27.946 RTS. Penambahan setelah adanya usulan dari pemerintah daerah. “Itu yang dimutakhirkan,” jelasnya. 
Sementara itu nantinya data yang dihasilkan dari pemutakhiran ini akan dijadikan acuan untuk penyaluran bantuan sosial pemerintah. Di antaranya beras murah dan program sosial keluarga sejahtera (PSKS). 
——————————————————-
Senin, 1 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...