Buah Andalan Di bulan Ramadan Mulai Ramai di Pasar Tradisional

Timun suri di pasar tradisional Balikpapan
BALIKPAPAN – Tak lama lagi bulan Ramadan akan tiba dan umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Menyambut datangnya bulan Ramadan kelompok bahan makanan sudah lebih dulu dipasok. Tidak hanya itu, buah andalan pun sudah muncul dipasar dan diburu masyarakat.
Nur salah satu pedagang buah di pasar tradisional Balikpapan mengungkapkan buah musiman yang muncul pada bulan Ramadan salah satunya buah Timun Suri. “Buah ini adanya saat bulan Ramadan. Biasanya dihidangkan untuk minuman segar,” kata Nur di pasar Klandasan Balikpapan. 
Nur mulai mempersiapkan buah kadar air tinggi dengan harga yang relatif terjangkau oleh konsumen. “Harganya kami bandrol sekitar Rp10 ribu per kilogram. Kalo sudah masuk Ramadan bisa Rp15 ribu rupiah,” sebutnya, Sabtu (13/6/2015).
Permintaan buah segar seperti Timun suri ini belum terlihat, namun apabila sudah memasuki masa Ramadan akan banyak permintaan. “Ramadan biasanya kami sediakan 50 kilogram dan bisa langsung habis terjual,” kata Nur. 
Tidak hanya buah Timun suri, buah lainnya yang diburu saat Ramadan seperti Semangka dan Nanas juga ada. Selama Ramadan permintaan buah semangka dan Nanas akan meningkat dua kali lipat dari biasanya. 
Nur menyebutkan, saat ini nanas ia bandrol Rp5 ribu ukuran besar sepanjang Ramadan bisa  Rp8 ribu per buah.
Sementara semangka, dijual Rp6 ribu per Kg Ramadan diprediksi bisa menyentuh Rp8 ribu per Kg bahkan lebih. 
——————————————————-
Sabtu, 13 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...