Buka Puasa Bersama di Masjid Salah Satu Tradisi di Ramadhan

MALANG – Buka puasa bersama di masjid menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari daerah Islam di Indonesia. dan salah satunya di masjid Masjid Manarul Islam Malang. Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap harinya di bulan penuh berkah tersebut.
Masjid yang berada di jalan Danau Bratan Raya Sawojajar Kota Malang ini tidak hanya menyediakan takjil dan minuman gratis, namun juga menyediakan makanan beserta lauk pauk untu para jamaah yang datang ke Masjid untuk berbuka.
Sejak pukul 16.30 wib, takmir Masjid sudah mulai terlihat sibuk mempersiapkan tempat dan alas di halaman depan Masjid yang nantinya digunakan para jamaah untuk tempat berbuka. Selesai menyiapkan alas, takmir kemudian mempersiakan dan menata makanan di tempat yang sudah disediakan sehingga para jamaah yang datang bisa langsung menuju ke tempat yang sudah tersedia takjil dan makanan untuk berbuka.
Tidak lama, satu persatu masyarakat yang berada disekitar Masjid Manarul Islam mulai berdatangan. Mendekati waktu berbuka, masyarakat yang datang semakin banyak, mulai dari orang tua hingga anak-anak juga ikut berbuka puasa di tempat ini. Setelah mendengar adzan Magrib berkumandang, para jamaah langsung menyantap takjil dan makanan yang sudah disediakan takmir Masjid. Seusai berbuka, para jamaah langsung bersiap untuk menunaikan Shalat Magrib berjamaah.
Menurut Hari salah satu jamaah yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Masjid ini menjelaskan bahwa di Masjid Manarul Islam setiap bulan puasa selalu menyediakan takjil dan makanan untuk masyarakat yang berpuasa. Hari juga mengaku, walaupun tidak setiap hari namu dirinya cukup sering ikut buka puasa bersama di masjid ini. 
Selain bisa berbuka bersama, disini dirinya juga bisa sekalian bersilaturahmi dan shalat Magrib berjamaah dengan jamaah lainnya. 
“Kan tidak semua yang datang kesini berasal dari warga sekitar, banyak juga yang datang dari luar daerah Sawojajar, atau yang kebetulan melewati Masjid ini”, ujarnya.
Disebutkan, untuk Imam Terawih di Masjid Manarul Islam langsung mengundang Syeikh Usman Sholeh Ali yang meeupakan Imam dari Masjid Shobirin Jeddah.

——————————————————-
SELASA, 30 Juni 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...