Bulog Maluku akan Bangun Gudang 1000 Ton Beras di Saumlaki

Ilustrasi [Foto: Indrayadi T Hatta]
AMBON – Kepala Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku, Faisal Assagaff mengatakan akan membangun sebuah gudang penyimpanan beras di Kota Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).
“Pembangunan gudang di Saumlaki itu memiliki daya tampung beras sebanyak 1.000 ton,”katanya kepada wartawan di Ambon, Senin (15/6/2015). 
Faisal mengatakan, gudang tersebut akan menyimpan stok beras kebutuhan masyarakat di dua kabupaten, yakni MTB dan Maluku Barat Daya.
Kepala Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku
Faisal Assagaff
Menyangkut pembangunan gudang baru di Saumlaki, kata Faisal, Bupati MTB sudah menyediakan satu hectare lahan.
“Jadi kami tinggal menunggu keputusan dari Bulog Pusat kapan pembangunan gudang itu bisa dilaksanakan,” ujarnya.
Faisal mengatakan, pembangunan gudang di Kota Saumlaki kabupaten MTB itu tentu sangat menguntungkan. Alasannya, selama ini penyaluran beras dari gudang Kota Tual ke Kabupaten MTB sering terlambat lantaran terkendala transportasi kapal laut yang sulit beroperasi di daerah tersebut.
“Sehingga sering dilakukan penyaluran langsung dari Kota Ambon ke Saumlaki, tidak dari Tual yang hanya mengharapkan pelayaran kapal perintis,” paparnya.
Lanjutnya, jika terjadi bencana di kabupaten MTB dan MBD pastinya diperlukan bantuan penyaluran beras harus dari Ambon. Karena belum tentu di salurkan dari kota Tual.
Dikatakan, gudang Bulog di Kota Tual selama ini melayani permintaan beras dari lima daerah, masing-masing Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten MTB dan Kabupaten MBD.
Ditambahkan, untuk kebutuhan beras Bulog di Suamlaki mencapai 150 ton setiap bulan, MBD 170 ton, jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Kota Ambon mencapai 2.000 ton.
——————————————————-
Senin, 15 Juni 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...