Bupati Kulon Progo: PNS Dapat jadi Tim Sukses dalam Pilkades

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo
CENDANANEWS (Kulon Progo) –  35 desa yang ada di Kulon Progo akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan di gelar dalam waktu dekat. 
Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengingatkan kepada perangkat desa dan BPD dari 35 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa dapat memberikan pendidikan politik kepada warga desa, dikarenakan Pilkades sangat berbeda dengan Pemilukada ataupun pemilihan Presiden.
“Dalam Pilkades, melibatkan seorang PNS, anggota TNI atau Polri, sah dan tidak bertentangan dengan peraturan yang ada,”katanya.
Menurut Hasto kepala desa lahir bukan dari unsur politis maupun birokratis sehingga jika tim suksesnya melibatkan PNS, TNI atau POLRI tidak masalah.
“Masyarakat harus paham bedanya antara pilihan legislatif, pilihan Bupati, pilihan Presiden yang melibatkan partai politik dengan pilihan kepala desa yang tidak ada keterlibatan partai politik.” Ujar Hasto di Gedung Kaca kompleks Pemda (4/6/15). 
Hal yang lebih penting dari pilkades serentak ini adalah sebagai sarana untuk menciptakan kepala desa yang baik dan amanah. Diharapkan pada pilkades serentak nanti masyarakat dapat menentukan pimpinannya yang bersih dari suap dalam mendapatkan suara.
Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Perempuan dan KB Kulon Progo. Sri Utami berharap kepada perangkat desa dan Badan Perwakilan Desa dapat membentuk panitia pilkades dengan baik.
“Sehingga dapat menjalankan pilkades dengan LUBER dan JURDIL yang dapat menekan konflik pasca pilkades” ujar Sri Utami.

——————————————————-
Kamis, 4 Juni 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...