Cegah Kecelakaan, Jelang Arus Mudik Sopir akan Lewati Tes Urine

LAMPUNG – Menjelang angkutan arus mudik 1436 Hijriyah Kepolisian Resor Lampung Selatan melakukan berbagai persiapan untuk kenyamanan. Salah satunya dalam menjaga kesiapan para pengemudi kendaraan umum jenis bus dan travel yang ada di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.
Langkah yang akan dilakukan untuk menjaga kesehatan para sopir diantaranya dengan melakukan check kesehatan yang dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan lalulintas pada saat arus mudik dan balik hari raya Idulfitri 1436 H. Selain check kesehatan juga akan lakukan tes urin kepada seluruh para jasa supir angkutan lebaran.
“Kita melihat dari pengalaman tahun tahun sebelumnya dimana sopir kurang memperhatikan kesehatan dan dampaknya akan sangat membahayakan penumpang,”ujar Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki S.IK Senin (29/6/2015).
Proses tes kesehatan dan tes urine tersebut ungkap Hengki akan melibatkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lampung Selatan, termasuk dari Satuan Narkotika Polres Lampung Selatan dan posko kesehatan lebaran dari Dinas Kesehatan.
Langkah tersebut dilakukan kepada para sopir tanpa terkecuali agar para pengemudi yang membawa penumpang saat lebaran bersih dari penyalagunaan narkoba, sehingga tidak membahayakan penumpang.
Posko tempat tes urin nantinya akan disiagakan di dua titik, kata Hengki, yakni Terminal Rajabasa Kota Bandar Lampung dan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.
“Sebelum berangkat membawa penumpang dari terminal, supir akan dilakukan tes urine. Diutamakan untuk para supir bus, karena membawa penumpang yang banyak. Tapi tidak menutup kemungkinan supir travel juga akan dilakukan tes serupa,” ungkapnya.
Polres Lampung Selatan berjanji akan menindak tegas para supir, lanjutnya, yang diketahui positif menggunakan narkoba, dan akan dilakukan proses hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
Dalam tes urine dan tes kesehatan tersebut Polres Lampung Selatan mengaku tidak akan main-main, karena ini menyangkut nyawa orang banyak, maka akan kami benar-benar proses,” kata dia.
?Hengki menilai banyak kecelakaan yang terjadi, diindikasikan akibat sopir yang bertindak ugal-ugalan dan lepas kontrol. Hal itu disinyalir lantaran menggunakan narkoba. Dan menurut dia, belum pernah terjadi saat musim mudik lebaran dilakukan tes urine kepada para supir angkutan.

——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...