Danrem Ajak Petani di NTB Hidupkan Kembali Lumbung Padi

Padi petani Kabupaten Lombok Utara nampak menghijau
MATARAM – Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Rudy Irham Srigede mengajak masyarakat, terutama para petani di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menggalakkan dan menghidupkan kembali budaya menyimpan gabah di lumbung padi sebagaimana tradisi nenek moyang.
“Mengajak kepada segenap petani kita untuk menggalakkan kembali menyimpan gabah di lumbung padi, hal tersebut dilakukan selain harga gabah saat ini yang masih murah juga sebagai antisipasi terjadinya musim kemarau panjang, kalau stok gabah sudah ada tersimpan di lumbung padi kan aman,” kata Rudy di Mataram, Kamis (25/6/2015).
Dikatakan Rudy, sekarang ini, budaya menyimpan padi di lumbung padi dari para petani terutama di NTB sudah mulai mundur, bahkan cendrung ditinggalkan, padahal langkah tersebut penting dilakukan untuk menjamin persediaan beras bagi masyarakat tetap aman.
Rudy berharap dengan menggalakkan kembali menyimpan gabah di lumbung padi, akan mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat yang berkualitas dan antisipasi dari kemarau panjang dan gagal panen, sehingga tidak lagi terlalu banyak bergantung dan mengharapkan beras raskin dari pemerintah yang kualitasnya seringkali tidak bagus.
“Karena itulah dengan dilibatkannya TNI dalam program peningkatan swasembada pangan nasional, para petani kita diharapkan bisa berdaya dan lebih sejahtera dari hasil bertani, karena TNI pada prinsipnya tidak hanya mendampingi, tapi juga bekerjasama dan memberikan contoh secara lansung bagaimana bertani yang bagus untuk mendapatkan hasil melimpah,” ungkapnya.
Lebih lanjut Rudy mengatakan TNI ingin mengulang kembali kejayaan Indonesia di bidang swasembada pangan seperti masa lampau pada saat pemerintahan Presiden Soeharto, di mana di masa itu petani kita selalu mendulang sukses dari hasil pertanian dan tidak pernah mengalami kesulitan beras seperti sekarang.
——————————————————-
KAMIS, 25 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...