Dianjurkan Perbanyak Mengkonsumsi Sayuran Selama Ramadhan

MATARAM – Memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran selama puasa ramadhan sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk kesehatan tubuh.
Mengingat sayuran merupakan makanan yang sangat penting dan dibutuhkan bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.
Akan tetapi, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.
Sayur-sayuran selain termasuk makanan menyehatkan juga bisa dengan mudah didapatkan, baik dengan menam di pekarangan rumah menggunakan polibek dan pot, maupun membeli secara lansung di pasar tradisional yang tentunya masih segar untuk dimasak menjadi makanan bersama keluarga.
Lebih-lebih di bulan puasa ramadhan seperti sekarang ini, memperbanyak mengkonsumsi sayauran sangat dianjurkan bagi kesehatan, terutama bagi ketahanan tubuh saat menjalankan ibadah puasa ramadhan di siang hari.
Sayuran yang biasanya banyak terdapat dilingkungan sekitar maupun yang dijual di pasar tradisional yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia antara lain, bayam, daun turi, kangkung, sawi, kol termasuk beberapa jenis sayuran lainnya, yang selain menyehatkan juga harganya murah.
Bayam dan Kangkung misalkan, menurut para ahli kesehatan, jenis sayur-sayuran ini termasuk sayuran yang banyak mengandung vitamin, mulai vitamin A dan vitamin C, mineral, zat besi, kalsium, dan kalium.
Manfaat sayuran ini bagi tubuh adalah untuk menghilangkan berbagai penyakit pada tubuh, seperti asma, kolik, anemia, bronchitis pneumonia, konstipa I, osteoporosis, kelelahan, serta kekurangan  kalsium.
Wortel. Wortek tak hanya baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Masih banyak lagi manfaat sayuran berwarna oranye cerah ini, antara lain: mengobati eksim, mengobati cacingan (cacing kremi),  demam, luka bakar, nyeri saat haid, menghaluskan kulit, hingga untuk mengatasi hipertensi.
Sawi hijau dan kubis. Sawi hijau bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan anemia. Kubis termasuk makanan vavorit yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah makan, restoran maupun perhotelan, dijadikan lalapan untuk dimakan mentah.
Sementara dalam dunia pengobatan tradisional, daun kubis dikenal khasiatnya untuk mengobati peradangan. Sedangkan ilmu kedokteran modern mengenal kobis sebagai sayuran anti kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sayuran ini.
——————————————————-
MINGGU, 28 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...