Faktor Alam, Bangunan Masjid YAMP Wayame Ambon Menyusut

AMBON – Masjid Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) di Perum Wayame Kecamatan Teluk Ambon Baguala Kota Ambon Provinsi Maluku, yang diresmikan oleh Presiden RI Kedua, Almarhum HM. Soeharto pada 6 Juli 1998, hingga sekarang masih dimanfaatkan oleh warga muslim Wayame untuk beribadah.
Namun karena faktor alam, bangunan masjid mengalami penyusutan beberapa centimeter dari permukaan tanah.
Masjid yang berukuran 21 x 21 meter dengan kapasitas bangunannya bisa menampung 500 Jamaah saat ini sudah berusia 17 tahun (1998-2015). Dan oleh warga muslim Perum Wayame Kota Ambon sudah diganti nama menjadi Daarun Na’im. 
Umar Semarang selaku Imam masjid juga pengurus masjid saat ditemui CND ba’da Ashar Kamis (25/6/2015) mengatakan, sejak masjid itu diserahkan oleh YAMP kepada warga muslim Perum Wayame, belum pernah direnovasi atau bangunannya masih asli.
Menurut Umar, saat konflik horizontal di Maluku pada 1999 masjid milik YAMP di Perum Wayame itu tidak terkena imbas konflik.
Namun karena faktor alam hujan dan panas juga gempa tektonik, ada beberapa bagian masjid ini mengalami kerusakan. Misalnya, bocor pada atap dan kubbahnya mengalami penyusutan beberapa centimeter, termasuk dindingnya juga rusak ringan.
“Untuk atap yang bocor sudah ditambal dengan viber. Rencananya akan direnovasi lagi,” ujarnya.
Umar mengakui, saat ini masjid YAMP sudah di bawah Yayasan Daarun Na’im. Yayasan  Daarun Naim itu dibentuk oleh warga muslim yang berdomisili di Perum Wayame, dimana selaku Ketua Yayasan adalah Syukur Soasiu. Selain mengganti nama warga muslim Wayame juga membangun TK dan Taman Pengajian Anak.
“Penambahan bangunan dalam area masjid seperti TK dan Taman Pengajian Anak ini, tidak lain untuk menciptakan generasi islami khususnya di perum Wayame,” jelasnya.
Untuk pemeliharaan dan perawatan masjid menggunakan swadaya masyarakat setempat. Penggalangan dana juga dilakukan oleh pihak Yayasan Daarun Na’im.
Dalam Ramadhan seperti di masjid-masjid lainnya, warga muslim Perum Wayame selain memanfaatkan masjid yang dibangun YAMP tersebut untuk ibadah juga diisi dengan pengajian (tadarrus) maupun ceramah.
Harapannya, ada bantuan dari pemerintah juga dari pihak Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila guna masjid Daarun Na’im itu bisa direnovasi, karena mengalami penyusutan pada bangunannya.

——————————————————-
JUMAT, 26 Juni 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...