GKR Hemas: Nilai Pancasila Terus Berkurang Sejak Reformasi

CENDANANEWS (Kulon Progo) – Wakil Ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengaku prihatin dengan banyaknya generasi muda yang tidak kenal dengan  keberadaan dasar negara Republik Indonesia, Pancasila, terutama sejak reformasi.
“Semua prihatin keberadaan dasar negara Pancasila, seperti mulai di tinggalkan. Terlebih generasi sekarang seperti asing mendengar kata Pancasila” Kata GKR Hemas dalam Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinekaan Tunggal Ika serta tentang NKRI di Balai Desa Pandowan Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo, Rabu (3/6/2015).
Disebutkan,  Sebelumnya semua masyarakat Indonesia membuat sebuah sebuah konsep kesepakatan yang sudah di sepakati, yaitu Pancasila. Namun kesepakatan ini mundur ke belakang semenjak adanya Reformasi. 
Untuk itulah tugas DPD RI sebagai lembaga yang mewakili masyarakat dan mempunyai akses dalam memberikan pertimbangan kepada DPR RI. Berusaha memberikan masukan kepada pengambil kebijakan serta masyarakat luas, agar keberadaan dasar negara yang Pancasila ini tetap ada dari dulu,sekarang dan masa yang akan datang.
Sementara itu, Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyebutkan, sosialisasi Pancasila ini penting, agar masyarakat mengerti dan memahami hal-hal yang terkait dengan UUD 1945, ke Bhinekaan hingga Negara kesatuan.
“Generasi muda khususnya harus paham betul, dan berharap dengan Sosialisasi ini memperkuat dan menambah motifasi persatuan,”katanya.
Hadir dalam sosialisasi tersebut Muspika Galur, Kepala Desa serta para Tokoh Masyarakat dengan membawa narasumber, staf Ahli GKR, Wahidin Ismail.

——————————————————-
Rabu, 3 Juni 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...