Gurihnya Keripik Kentang Dari Kota Batu

Keripik Kentang dijemur di bawah Matahari
KOTA BATU – Selain terkenal dengan keripik apelnya, Kota Batu juga terkenal dengan camilan khasnya yaitu keripik kentang.Berbeda dengan keripik Apel yang memiliki cita rasa manis, keripik kentang ini justru memiliki cita rasa yang gurih dan bergizi.
Bermula dari keluarga besarnya yang sangat menggemari keripik kentang, salah satu warga Batu ini akhirnya mencoba untuk memproduksi sendiri keripik kentang. 
Menurut Endang (50), usaha produksi keripik kentang yang diberi nama Keripik Kentang Istana ini di mulai sejak bulan Februari tahun 2000 dan bertempat di Jalan Raya Gangsiran Kecamatan Junrejo Kota Batu. 
Usaha ini sendiri merupakan ide dari Almarhumah adiknya yaitu Tuti Trisula yang ingin membuat usaha keripik kentang. Namun setelah adiknya meninggal, kemudian usaha keripik kentang di teruskan oleh Sandi Pratama dan di bantu oleh dirinya. 
“Sandi Pratama sendiri merupakan anak dari Tutik Trisula,” terangnya.
Dengan ramah kemudian Endang menjelaskan tentang proses pembuatan keripik kentang mulai awal sampai akhir. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat keripik kentang adalah memilih kentang yang kondisinya benar-benar baik. Untuk kentangnya sendiri, dia beli dari daerah Bumiaji Kota Batu.
Setelah kentang dipilih, selanjutnya kentang di kupas dan di pasrah (dipotong tipis-tipis) kemudian di rendam dengan air sekitar setengah jam. Setelah direndam, kemudian kentang di rebus hingga matang dan direndam kembali selama satu malam agar kentang tidak kaku. Seusai direndam semalaman, kentang kemudian di jemur dibawah terik matahari.
Setelah dijemur, masuk dalam proses pemberian bumbu dan kemudian di jemur kembali sebelum masuk dalam tahap penggorengan. Disini Endang dibantu tujuh orang karyawannya bisa membuat keripik kentang sebanyak kurang lebih 35 kg dalam sehari. 
Selain menjual keripik kentang dalam keadaan matang atau siap makan, Endang juga menjual keripik kentang yang masih mentah atau belum digoreng. Untuk menggoreng keripik kentang, Endang memberikan tips yaitu 
“Minyak goreng harus banyak, harus menggunakan Api besar agar minyak benar-benar panas karena jika minyak tidak panas, maka keripik kentang tidak akan mengembang”, jelasnya.
Disini keripik kentang di bagi menjadi tiga ukuran. Untuk harga keripik kentang mentah dengan ukuran besar atau kualitas super di patok Rp. 130.000,- per Kg. Sedangkan keripik kentang mentah dengan ukuran sedang diberi harga Rp.100.000,- per Kg dan Rp.80.000,- per Kg untuk keripik kentang dengan ukuran kecil. 
Sedangkan keripik kentang matang diberikan harga Rp.20.000,- untuk kemasan 170 gram dan Rp.10.000,- untuk kemasan 85 gram, jelas Endang.
Selain di Malang Raya, Keripik Kentang Istana juga sudah dijual di Kediri, Surabaya, Probolinggo hingga ke Kalimantan. Untuk pemesanan jarak jauh Endang memberikan minimal order yaitu 1,5 Kwintal. 
“Sampai saat ini, keripik kentang Istana hanya memproduksi keripik kentang satu rasa yaitu rasa original,” tutupnya.

——————————————————-
Selasa, 16 Juni 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...