Harga Daging Ayam Potong Naik di Surabaya

Ayam Potong
SURABAYA – Menjelang Ramadhan di Pasar Pucang Surabaya harga daging ayam meningkat dari minggu sebelumnya. Menurut pedagang kenaikan harga ini berlangsung terus menerus menjelang Ramadhan. Hal ini dikarenakan sedikitnya stok, dan meningkatnya kebutuhan masyarakat.
“Harga daging ayam sekarang Rp. 32.000 dari sebelumnya Rp. 26.000. Harga ini sudah berlangsung selama lima hari” Jelas salah seorang pedagang pasar, Ayub di Surabaya, Rabu (8/6).
Disebutkan, selain karena mendekati bulan Ramadhan, kenaikan harga ini juga disebabkan minimnya stok ayam dari trenggalek yang menjadi favorit pembeli. 
Hal tersebut dikarenakan faktor makanan ayam yang dari daerah lain yang kurang berkualitas sehingga dagingnya tidak tahan lama. Sedangkan peternak ayam di Trenggalek yang dinilai bagus dalam pakan ternak namun tidak mencukupi permintaan pasar.
Menurut salah satu pembeli, Sulasih ia menyiasati kebutuhan daging ayam keluarganya dengan cara membeli daging ayam sedikit sampai harga daging ayam stabil.
“Saya yang biasanya beli satu kilogram sekarang beli seperempat saja. Uang belanja nanti tidak cukup jika beli ayam satu kilogram. Uangnya dibagi-bagi sama kebutuhan lainnya.” Ujarnya.
Ditemui ditempat berbeda Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menjelaskan untuk mengatasi meningkatnya permintaan daging, pihaknya akan memperbanyak daging potong.
“Jalan lain yang bisa ditempuh oleh pemerintah dengan memperbanyak daging sembelih di RPH.” Jelas dia.
——————————————————-
Rabu, 10 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...